PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENTINGNYA MAKAN SAYUR DAN BUAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PENTINGNYA MAKAN SAYUR DAN BUAH PADA SISWA SEKOLAH DASAR
2024-05-02
en
Thesis
text
Latar belakang: Menurut Laporan Nasional Riskesdas 2018, proporsi penduduk Indonesia mengonsumsi buah/sayur <5 porsi, pada umur 10-14 tahun sebanyak 96,8%. Salah satu factor yang mempengaruhi rendahnya konsumsi sayur dan buah pada anak-anak adalah kurangnya pengetahuan tentang gizi.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video dan power point sebagai media edukasi gizi tentang pentingnya konsumsi sayur dan buah terhadap peningkatan pengetahuan.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Januari - Maret 2024. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Nogotirto dan SDN Demakijo 01. Analisa data menggunakan uji Independent T-test dengan uji alternative Wilcoxon dan Mann Whitney.
Hasil: Ada perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan edukasi menggunakan media video terhadap pengetahuan. Ada perbedaan signifikan sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan media power point terhadap pengetahuan siswa. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari pengetahuan gizi sebelum diberikan edukasi gizi. Ada perbedaan yang signifikan dari pengetahuan gizi sesudah diberikan edukasi gizi. Ada perbedaan hasil setelah edukasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menjadikan media video lebih efektif meningkatkan pengetahuan gizi tentang pentingnya makan sayur dan buah dibandingkan dengan media power point.
Kesimpulan: Media video pentingnya makan sayur dan buah lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dibandingkan dengan power point. Kata kunci: video, power point, pengetahuan, sayur dan buah, anak sekolah dasar
Kata kunci: video, power point, pengetahuan, sayur dan buah, anak sekolah dasar