EDUKASI DALAM PENGELOLAAN STRES PADA PASIEN HIPERTENSI ESENSIAL

EDUKASI DALAM PENGELOLAAN STRES PADA PASIEN HIPERTENSI ESENSIAL
2024-05-21
id
Thesis
text
Latar Belakang : Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana kondisi tubuh mengalami peningkatan tekanan darah dengan sistolik lebih dari 140 mmHg dan diastolik lebih dari 90 mmHg. Hipertensi esensial adalah suatu kejadian dimana terjadi peningkatan persisten tekanan arteri akibat ketidakteraturan mekanisme kontrol homeostatik normal. Penatalaksanaan dapat dilakukan dengan cara farmakologis dan non farmakologis. Terapi non farmakologis dapat dilakukan dengan cara mengelola stres. Mengelola stres adalah pengontrolan stres bertujuan untuk mengenal penyebab stres dan mengetahui teknik mengelola stres, sehingga dapat lebih baik dalam menguasai stres pada kehidupan. Tujuan : Studi kasus ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui penerapan edukasi mengelolaan stres pada pasien hipertensi esensial. Metode : Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini berupa penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus dengan menggunakan pendekatan peroses keperawatan. Subyek studi ini meliputi dua pasien dengan hipertensi esensial. Penelitian dilakukan selama empat hari berturut-turut. Hasil : Setelah dilakukan penerapan didapatkan hasil adanya perbedaan tekanan darah sistolik dan diastolik sebelum dan sesudah intervensi. Penurunan tekanan darah selama empat hari penerapan mendapatkan hasil penurunan tekanan sistolik ± 14 mmHg dan tekanan darah diastolik ± 5 mmHg Kesimpulan : Penerapan edukasi mengelola stres efektif untuk menurunkan tekanan darah pada pasien dengan hipertensi esensial. Kata Kunci : Hipertensi, Edukasi, Mengelola Stres