GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT AT-TUROTS AL-ISLAMY KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2024

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT AT-TUROTS AL-ISLAMY KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2024
2024-05-17
id
Thesis
text
Latar Belakang: Permasalahan yang sering dikeluhkan pasien BPJS adalah seringkali tidak mendapatkan kualitas pelayanan kesehatan yang maksimal. Kualitas pelayanan akan mempengaruhi kepuasan pasien. Tempat pendaftaran rawat jalan merupakan gerbang utama pelayanan kesehatan di rumah sakit. Hasil studi pendahuluan di Rumah Sakit At-Turots Al-Islamy didapatkan 40% pasien BPJS kurang puas dengan pelayanan pendaftaran rawat jalan.
Tujuan: Diketahui tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit At-Turots Al-Islamy tahun 2024.
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pasien BPJS yang melakukan pendaftaran rawat jalan di Rumah Sakit At-Turots Al-Islamy dan pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden.
Hasil: Tingkat kepuasan pasien BPJS pada pelayanan pendaftaran rawat jalan menyatakan puas pada dimensi kehandalan sebesar 73%, dimensi ketanggapan sebesar 68%, dimensi jaminan sebesar 76%, dimensi empati sebesar 72%, dan dimensi bukti langsung sebesar 77%. Tingkat kepuasan pasien BPJS secara keseluruhan menyatakan puas sebesar 75% dan tidak ada perbedaan tingkat kepuasan ditinjau dari karakteristik responden.
Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien BPJS pada pelayanan pendaftaran rawat jalan secara keseluruhan adalah puas. Tidak ada perbedaan tingkat kepuasan ditinjau dari karakteristik responden yang dianalisis menggunakan metode
deskriptif.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Kualitas Pelayanan, Pasien BPJS, Pendaftaran Rawat Jalan, Rumah Sakit At-Turots Al-Islamy.