GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TERHADAP APLIKASI MOBILE JKN MENGGUNAKAN METODE EUCS DI PUSKESMAS KALASAN KABUPATEN SLEMAN

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN TERHADAP APLIKASI MOBILE JKN MENGGUNAKAN METODE EUCS DI PUSKESMAS KALASAN KABUPATEN SLEMAN
Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
2024-06-12
id
Other
text
Latar Belakang: Puskesmas Kalasan mulai menerapkan pendaftaran online menggunakan aplikasi Mobile JKN pada pertengahan tahun 2021. Pengukuran gambaran pengetahuan pasien terhadap aplikasi Mobile JKN ini dilakukan menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) yang meliputi 5 aspek yaitu, aspek keakuratan (accuracy), aspek isi (content), aspek kemudahan pengguna (ease of use), aspek bentuk (format), dan aspek waktu (timeliness). Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan pasien terhadap aplikasi Mobile JKN menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Kalasan. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien pendaftaran rawat jalan berjumlah 62 pasien. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah dengan menggunakan microsoft exel. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan gambaran pengetahuan pasien terhadap aplikasi Mobile JKN berdasarkan aspek keakuratan (accuracy) rata-rata pasien menjawab Tidak yaitu sebanyak 32 orang (52%), aspek isi (content) rata-rata pasien menjawab Tidak yaitu sebanyak 32 orang (52%), aspek kemudahan pengguna (ease of use) rata-rata pasien menjawab Ya yaitu sebanyak 36 orang (58%), aspek bentuk (format) rata-rata pasien menjawab Tidak yaitu sebanyak 34 orang (55%), aspek waktu (timeliness) rata-rata pasien menjawab Ya yaitu sebanyak 37 orang (60%). Kesimpulan: Gambaran pengetahuan pasien terhadap aplikasi Mobile JKN menunjukkan bahwa rata-rata pasien di Puskesmas Kalasan sudah mengetahui aplikasi pendaftaran online menggunakan Mobile JKN. Kata Kunci: Pengetahuan pasien, aplikasi Mobile JKN, metode EUCS.