EFEKTIVITAS PENYULUHAN GIZI ISI BEKALKU DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

EFEKTIVITAS PENYULUHAN GIZI ISI BEKALKU DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
2024-04-17
id
Thesis
text
Latar Belakang : Sebanyak 79% siswa Sekolah Dasar (SD) tidak membawa bekal makanan yang menyebabkan anak jajan sembarangan, upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi gizi. Tujuan : Mengetahui efektivitas intervensi edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan anak tentang isi bekalku. Metode : Penelitian quasi eksperimental dengan rancangan non equivalent pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2024 di 2 SD di Kota Yogyakarta, Indonesia. Sampel penelitian sebanyak 93 orang yang terbagi dalam 2 kelompok, dengan kriteria inklusi merupakan siswa kelas V, diijinkan menjadi responden dan kriteria eksklusi tidak hadir saat intervensi. Intervensi yang diberikan adalah edukasi gizi dengan permainan ular tangga, sedangkan kelompok kontrol dengan poster. Pengetahuan diukur menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah intervensi. Analisis perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest menggunakan uji Wilcoxon. Hasil : Rata-rata pretest kelompok intervensi 93,00 dan rata-rata posttest 97,75, nilai rata-rata pretest-posttest meningkat 4,75 dengan p=0,027. Sedangkan, rata-rata pretest kelompok kontrol 89,06 dan rata-rata posttest 91,13, nilai rata-rata pretest-posttest meningkat 2,07 dengan p=0,140. Peningkatan pengetahuan dengan permainan ular tangga lebih tinggi daripada poster. Kesimpulan : Edukasi gizi dengan permainan ular tangga lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai isi bekalku dibandingkan poster. Kata Kunci : Permainan ular tangga, Poster, Peningkatan Pengetahuan, Isi Bekalku, Anak SD.