PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP
REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI SMA N 1 KRETEK BANTUL TAHUN
2018
PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP
REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI SMA N 1 KRETEK BANTUL TAHUN
2018
2018-09-06
id
Thesis
text
Latar Belakang : Human immunodeficiency virus (HIV) dan Acquired Immune
Deficiency Syndrome (AIDS) adalah salah satu masalah kesehatan paling
kompleks di dunia. Indonesia perupakan negara dengan kasus HIV/AIDS tertinggi
di Asia Tenggara. Orang muda berisiko tinggi terinfeksi HIV dan AIDS dan oleh
karena itu perlu dilakukan pencegahan.
Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh peer education terhadap pengetahuan
dan sikap remaja tentang HIV/AIDS di SMA N 1 Kretek.
Metode Penelitian : Penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan
rancangan pretest-posttest with control group. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Mei- Juni 2018. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Kretek
dengan sampel berjumlah 42 responden yang dibagi menjadi dua grup. Analisis
data yang digunakan adalah paired t-test dan independent t-test untuk mengetahui
pengaruh dari intervensi.
Hasil Penelitian : Terdapat beda rerata yang bermakna pada variabel
pengetahuan dengan nilai p=0,000;α<0,05 dan sikap memiliki nilai p=0,005;
α<0,05 yang artinya ada pengaruh peer education terhadap peningkatan
pengetahuan dan sikap siswa tentang HIV/AIDS.
Kesimpulan : Ada pengaruh peer education terhadap pengetahuan dan sikap
remaja tentang HIV/AIDS.