PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN DHAZZLE TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA SISWA TUNAGRAHITA

PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN DHAZZLE TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG KARIES GIGI PADA SISWA TUNAGRAHITA
2024-04-30
id
Thesis
text
Latar Belakang: Anak tunagrahita mengalami kesulitan untuk fokus maka pemberian penyuluhan dengan cara yang menarik perlu dilakukan, salah satunya dengan metode permainan edukatif puzzle. Hasil studi pendahuluan menunjukkan 70% siswa tunagrahita memiliki pengetahuan tentang karies gigi yang buruk. Tujuan Penelitian: Diketahuinya pengaruh penyuluhan menggunakan DHAZZLE terhadap pengetahuan tentang karies gigi pada siswa tunagrahita. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 39 siswa tunagrahita ringan. Variabel penelitian ini, yaitu permainan edukatif DHAZZLE sebagai variabel bebas dan pengetahuan tentang karies gigi sebagai variabel terikat. Pengetahuan tentang karies gigi diukur menggunakan instrumen berupa kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil Penelitian: Tingkat pengetahuan tentang karies gigi sebelum dilakukan penyuluhan berada pada kategori sedang (51,3%). Seluruh siswa (100%) memiliki pengetahuan kategori baik setelah dilakukan penyuluhan menggunakan DHAZZLE. Rata-rata sebelum dilakukan penyuluhan, yaitu 11,28 dan meningkat sebanyak 3,14 menjadi 14,44 setelah dilakukan penyuluhan. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000. Kesimpulan: Penyuluhan menggunakan DHAZZLE berpengaruh terhadap pengetahuan tentang karies gigi pada siswa tunagrahita. Kata Kunci: Dental health puzzle, pengetahuan, karies gigi, tunagrahita