PENGARUH EDUKASI MEDIA E-BOOKLET GINGIBOOKS TERHADAP PENGETAHUAN GINGIVITIS PADA REMAJA

PENGARUH EDUKASI MEDIA E-BOOKLET GINGIBOOKS TERHADAP PENGETAHUAN GINGIVITIS PADA REMAJA
2024-05-17
id
Thesis
text
Latar Belakang: Tingkat prevalensi penyakit gingivitis di Indonesia cukup tinggi. Pemberian edukasi salah satunya media e-booklet. Hasil dari studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Demak 100% siswa belum pernah mendapatkan promosi kesehatan gigi dan belum mengetahui penyakit gingivitis. Tujuan: Diketahuinya pengaruh edukasi media e-booklet gingibooks terhadap pengetahuan tentang gingivitis pada remaja. Metode: Jenis penelitian quasi eksperimental dengan rancangan Non-equevalent control group, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 82 responden. Sampel ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji mann-whiteney. Hasil: Tingkat pengetahuan awal kelompok eksperimen pada kriteria rendah (4,9%), sedang (70,7%) dan tinggi (24,4 %). Pengetahuan akhir dengan kriteria rendah (0%), sedang (2,4 %) dan tinggi (97,6%). Tingkat pengetahuan awal kelompok kontrol dengan kriteria rendah (9,8 %), sedang (75,6 %) dan tinggi 6 (14,6 %). Pengetahuan akhir dengan kriteria rendah (0 %), sedang (36,6 %) dan tinggi (63,4 %). Dari hasil penelitian terjadi peningkatan pengetahuan dari (70,7%), menjadi (97,6%). Rata-rata pengetahuan pada kelompok ekperimen sebesar 4,29 dan kelompok kontrol 2,56. Hasil Uji Mann-Whitney didapatkan nilai p= 0,000 < 0,05. Kesimpulan: Pengetahuan gingivitis kelompok eksperimen sebelum promosi kriteria sedang (70,7%) dan sesudah promosi pada kriteria tinggi sebanyak (97,6%). Adanya pengaruh yang bermakna dalam penggunaan media e-booklet terhadap peningkatan pengetahuan gingivitis pada remaja Kata Kunci: media e-booklet, pengetahuan, gingivitis, remaja