PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANEMIA PADA REMAJA PUTRI SMA
PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA TIKTOK TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANEMIA PADA REMAJA PUTRI SMA
2024-05-21
id
Thesis
text
Latar Belakang: Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan peningkatan prevalensi anemia remaja putri dari 37,1% pada Riskesdas 2013 menjadi 48,9% pada Riskesdas 2018. Proporsi anemia terbesar adalah 84,6% berada di kelompok umur 15 – 24 tahun. Anemia pada remaja putri berdampak pada peningkatan risiko gangguan kehamilan, BBLR, dan stunting. Salah satu upaya dalam mencegah kejadian anemia pada remaja putri yaitu dengan meningkatkan pengetahuan melalui edukasi gizi.
Tujuan: Menghasilkan media edukasi gizi yaitu video TikTok yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pada remaja putri SMA tentang anemia.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan desain pretest and posttest with control group design. Sampel penelitian berjumlah 69 siswi SMA yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 34 siswi pada kelompok eksperimen (TikTok) dan 35 siswi pada kelompok kontrol (Slide). Analisis data yang tidak berdistrbusi normal menggunakan uji statistik non-parametrik yaitu Wilcoxon, Mann-Whitney, dan Chi-square.
Hasil: Ada peningkatan rerata selisih nilai pengetahuan sebesar 11,97 dan sikap sebesar 10,04 pada kelompok TikTok. Sedangkan pada kelompok Slide peningkatan rerata nilai pengetahuan sebanyak 8,57 dan sikap sebanyak 4,71. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada selisih nilai pengetahuan dengan p=0.048 (p<0.05) dan sikap p=0.000 (p<0.05).
Kesimpulan: Edukasi gizi menggunakan media TikTok lebih berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap anemia remaja putri SMA daripada edukasi gizi menggunakan media Slide.
Kata Kunci: TikTok, Slide, pengetahuan, sikap, anemia, remaja putri.