GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI DAN SKOR PLAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI DAN SKOR PLAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR
2024-05-15
id
Thesis
text
Latar Belakang : Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, hanya 2,8% penduduk Indonesia yang menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari. Daerah Istimewa Yogyakarta sudah mencapai 6% masyarakatnya yang meyikat gigi dengan baik dan benar. Plak merupakan lapisan tipis, lengket dan tidak berwarna yang apabila dibiarkan akan menyebabkan gigi berlubang. Gigi berlubang dapat dicegah dengan menyikat gigi. Kegiatan menyikat gigi merupakan kegiatan yang sudah umum namun masih ada banyak kekeliruan baik dalam pengertiannya maupun dalam pelaksanaannya. Tujuan : Diketahuinya gambaran tingkat pengetahuan tentang menyikat gigi dan skor plak pada siswa sekolah dasar. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross- sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri Baturan 1. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan simple random sampling, dengan jumlah sampel 42 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2024. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan menyikat gigi terbanyak berdasarkan usia yaitu kriteria sedang dengan usia 11 tahun dengan jumlah 15 responden (68,2%) dan tingkat pengetahuan menyikat gigi terbanyak berdasarkan jenis kelamin yaitu kriteria sedang dengan jenis kelamin laki-laki dengan jumlah 15 responden (68,2%). skor plak terbanyak berdasarkan umur yaitu kriteria sedang dengan umur 11 tahun dengan jumlah 10 responden (45,5%) dan jumlah skor plak terbanyak berdasarkan jenis kelamin yaitu kriteria sedang dengan jenis kelamin perempuan dengan jumlah 12 responden (60,0%). Kesimpulan : Siswa kelas IV dan V SD Negeri Baturan 1 mempunyai tingkat pengetahuan menyikat gigi kriteria sedang dengan skor plak sedang yaitu sebanyak 18 responden (42,9%). Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan Menyikat Gigi, Skor Plak