HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH DI TK NEGERI 1 SLEMAN

HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK PRASEKOLAH DI TK NEGERI 1 SLEMAN
2024-07-05
id
Thesis
text
Latar Belakang: Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua akan sangat mempengaruhi terbentuknya karakter pada anak, sehingga penerapan pola asuh yang berbeda-beda akan mengahasilkan karakter serta kemandirian anak yang juga berbeda-beda. Kemandirian memiliki pengertian sebagai suatu sikap individu yang mampu berdiri sendiri tanpa bergantung kepada orang lain terutama orang tua ataupun orang sekitar Tujuan: Mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak prasekolah Metode: penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan model pendekatan cross-sectional. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa dan wali murid di TK Negeri 1 Sleman. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner dan juga lembar observasi. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi dan chi-square Hasil: Pola Asuh Orang Tua memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kemandirian anak prasekolah dengan nilai ρ-value 0.002. Variabel luar jenis pekerjaan orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kemandirian anak dengan nilai ρ-value 0.038, sedangkan variabel luar pendidikan orang tua dengan ρ-value 0.092, jumlah anak dengan ρ-value 0.768, dan jenis kelamin anak dengn ρ-value 0.058 tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kemandirian anak prasekolah Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan tingkat kemandirian anak prasekolah di TK Negeri 1 Sleman