PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA E-BOOKLET TERHADAP PERILAKU MENYIKAT GIGI DAN INDEKS PLAK PADA PENGGUNA ORTODONTI CEKAT

PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA E-BOOKLET TERHADAP PERILAKU MENYIKAT GIGI DAN INDEKS PLAK PADA PENGGUNA ORTODONTI CEKAT
2024-05-21
en
Thesis
text
Latar belakang : Pasien pengguna ortodonti cekat masih banyak yang belum mengetahui pengetahuan tentang perilaku menyikat gigi dengan baik dan benar, dan memiliki kondisi kebersihan gigi dan mulut yang buruk. WHO (World Health Organization) merekomendasikan diadakannya pemberian informasi mengenai kebersihan gigi dan mulut. Berdasarkan studi pendahuluan sebanyak 30% pasien belum mengetahui perilaku menyikat gigi dengan baik dan benar, dan 70% pasien masih terdapat indeks plak dengan kategori buruk. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi media e-booklet terhadap perilaku menyikat gigi dan indeks plak pada pengguna ortodonti cekat. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan desain pretest-postest with control group dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2024 dengan jumlah populasi 75 responden di Klinik Gigi WD Dentalcare. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Hasil : Hasil uji mann whitney promosi menggunakan media e-booklet pada peningkatan perilaku memiliki nilai signifikan sebesar p 0,041<0,05, sedangkan pada peningkatan indeks plak memiliki nilai signifikan sebesar p 0,408>0,05. Hasil uji wilcoxon pengaruh promosi media e-booklet terhadap perilaku dan indeks plak sebesar p 0,000<0,05. Kesimpulan : Promosi menggunakan media e-booklet berpengaruh terhadap peningkatan perilaku menyikat gigi tetapi tidak berpengaruh pada peningkatan indeks plak pada pengguna ortodonti cekat. Kata Kunci : Media E-booklet, perilaku menyikat gigi, indeks plak, ortodonti cekat.