PENGARUH EDUKASI MPASI DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN IBU DAN ASUPAN (ENERGI, PROTEIN) PADA BAYI USIA 6-23 BULAN DI RUANG CB2RA RS PANTI RAPIH

PENGARUH EDUKASI MPASI DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN IBU DAN ASUPAN (ENERGI, PROTEIN) PADA BAYI USIA 6-23 BULAN DI RUANG CB2RA RS PANTI RAPIH
2024-06-11
en
Thesis
text
Latar Belakang: Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022 prevalensi prevalensi balita stunting sebesar 21,6% dan prevalensi balita wasting 7,7%. Stunting meningkat signifikan pada usia 6-23 bulan (usia setelah memulai MPASI). Kejadian stunting dan wasting berhubungan dengan masalah pemenuhan nutrisi sesuai dengan kebutuhan menurut usia bayi. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi anak adalah cara pemberian makanan pendamping ASI. Bayi dan balita termasuk dalam kelompok rentan, sehingga penyediaan makanan pendamping ASI yang tidak memadai dari segi kualitas dan kuantitasnya akan mempengaruhi kehidupan dan perkembangan fisik dan kognitif, serta sosial anak, terutama pada anak usia 2 tahun. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi MPASI dengan media booklet terhadap pengetahuan ibu dan asupan (energi dan protein) pada bayi usia 6-23 Bulan di Ruang CB2RA RS Panti Rapih Metode: Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pre experimental dengan sampel=22. Subyek penelitian yaitu ibu dan bayinya yang di rawat di ruang rawat inap CB2RA RS Pantirapih Analiasa data menggunakan uji wilcoxon. Hasil: Edukasi MPASI memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan ibu (p=0,000), Edukasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap asupan energi (p=0,002) dan protein (p=0,009) bayi usia 6-23 bulan Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi MPASI dengan Media Booklet terhadap pengetahuan ibu .Ada Pengaruh edukasi MPASI dengan Media Booklet terhadap Asupan Energi pada bayi usia 6-23 bulan.Ada Pengaruh edukasi MPASI dengan Media Booklet terhadap Asupan Protein pada bayi usia 6-23 bulan Kata kunci: Pengetahuan, Edukasi, Pemberian MPASI, Energi, Protein