PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA BOOKLET TERHADAP MANAJEMEN DIRI PENYANDANG DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GODEAN II

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA BOOKLET TERHADAP MANAJEMEN DIRI PENYANDANG DIABETES MELLITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GODEAN II
2024-06-02
en
Thesis
text
Latar Belakang: Manajemen diri diperlukan bagi pasien Diabetes Mellitus untuk meningkatkan kemandirian mengelola penyakitnya. Manajemen diri yang rendah akan berdampak meningkatnya komplikasi. Pendidikan kesehatan tentang pengelolaan Diabetes Mellitus merupakan cara untuk meningkatkan manajemen diri, salah satunya dengan menggunakan media booklet. Tujuan: diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan melalui media booklet terhadap manajemen diri penyandang DM di Puskesmas Godean II. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Designs menggunakan rancangan One Group PreTest-Post Test Design Without Control. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai dengan April 2024, diikuti 67 responden, instrumen menggunakan kuesioner Diabetic Self Management Quesioner (DSMQ) dan analisis data menggunakan uji Wilcoxson. Hasil: Manajemen diri sebelum diberikan pendidikan kesehatan melalui media booklet seluruh responden 67 orang (100%) berada pada kategori cukup, setelah diberikan pendidikan kesehatan melalui media booklet menjadi kategori baik sebanyak 63 responden (94%) 4 orang pada kategori cukup. Hasil uji Wilcoxon didapatkan hasil nilai Asymp Sig (2-tailed) p value 0.001 yang berarti ada pengaruh signifikan pendidikan kesehatan melalui media booklet terhadap manajemen diri penyandang DM di wilayah kerja Puskesmas Godean II. Kesimpulan: Ada pengaruh signifikan pendidikan kesehatan melalui media booklet terhadap manajemen diri penyandang DM di Wilayah kerja Puskesmas Godean II Yogyakarta. Kata Kunci: Diabetes Mellitus, Booklet, Pendidikan Kesehatan, Manajemen diri.