EFEKTIVITAS EDUKASI GIZI SEIMBANG REMAJA BERBASIS WEBSITE GIZBIKU (GIZI BAIK KU) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA SISWA SMP

EFEKTIVITAS EDUKASI GIZI SEIMBANG REMAJA BERBASIS WEBSITE GIZBIKU (GIZI BAIK KU) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA SISWA SMP
2024-05-28
id
Thesis
text
Latar Belakang: Masalah gizi kurang dan lebih adalah masalah kompleks. Perlu dilakukan upaya edukasi gizi seimbang untuk meningkatkan pengetahuan dan merubah sikap agar terciptanya pola makan yang baik. Website dapat membantu mendapatkan informasi melalui digital. Sehingga, remaja akan lebih mudah untuk menerima informasi mengenai gizi seimbang remaja. Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas edukasi gizi seimbang remaja berbasis website GIZBIKU (Gizi Baik Ku) terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pada siswa SMP. Metode: Desian penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test with control group design. Media website digunakan sebagai media edukasi. Penelitian dilaksanakan di SMPN 5 Yogyakarta dan SMPN 1 Yogyakarta pada bulan Maret-April 2024. Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan perubahan sikap setelah diberikan edukasi melalui media website dan power point. Uji mann-whitney pengetahuan dan sikap dua kelompok tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan media terhadap pengetahuan dan sikap pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Kesimpulan: Adanya peningkatan pengetahuan dan perubahan sikap pada siswa SMP berbasis media website GIZBIKU (Gizi Baik Ku) dan power point mengenai gizi seimbang. Sehingga, kedua media tersebut sama-sama efektif, Kata Kunci: Website, pengetahuan, sikap, gizi seimbang