Pengaruh Pemberian Poster Tentang Penggunaan Earplug Terhadap Perilaku Pekerja di PC GKBI Medari

Pengaruh Pemberian Poster Tentang Penggunaan Earplug Terhadap Perilaku Pekerja di PC GKBI Medari
2024-10-15
id
Thesis
text
Latar Belakang : Pabrik Cambric Gabungan Koperasi Batik Indonesia Yogyakarta
merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai jenis tekstil. PC GKBI telah
melakukan pemberian earplug pada pekerja di area bising Namun ada yang tidak
memakainya terutama pekerja di bagian weaving. hal tersebut karena merka
merasa tidak nyaman. Terdapat juga keluhan gangguan pendengaran dari para
pekerja yang terpapar kebisingan yang bersumber dari 504 mesin produksi yang
beroperasi selama 24 jam setiap hari. Hasil pengukuran kebisingan di ruang
produksi sebesar 121,8 dB. Penggunaan poster merupakan cara yang efektif dan
efisien untuk berkomunikasi dengan pekerja dan mempengaruhi perilaku mereka.
Dengan desain yang menarik dan penempatan yang strategis, poster dapat menjadi
alat komunikasi yang kuat di tempat kerja.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian poster tentang penggunaan
earplug terhadap perilaku pekerja di PC GKBI Medari
Metode: Jenis penelitian quasi eksperimental. Penelitian ini menggunakan desain
one grup pretest dan post test. Lokasi penelitian di industri PC GKBI Medari.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2024. Sampel penelitian ini adalah
sebanyak 30 orang. Variabel penganggu pada penelitian ini adalah masa kerja dan
usia. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilxocon.
Hasil: Hasil uji Wilcoxon dengan nilai p-value 0.000 ini menunjukan bahwa nilai
p-value 0.000 ≤0,05. Berdasarkan hasil lembar checklist yang peneliti lakukan di
PT PC GKBI Medari sebelum dilakukan intervensi bahwa pretest kategori baik
sebanyak 1 orang dengan persentase 3,3%, kategori cukup sebanyak 22 orang
dengan persentase 73,3% dan kategori kurang sebanyak 7 orang dengan persentase
23,3%. dapat disimpulkan bahwa pretest kategori paling banyak adalah cukup.
Sedangkan hasil penelitian setelah dilakukan intervensi berupa pemberian poster
tentang penggunaan earplug kategori baik sebanyak 30 orang dengan persentase
100%.
Kesimpulan: ada pengaruh dari media poster terhadap perubahan perilaku pekerja
mengenai penggunaan earplug di PT PC GKBI Medari.
Kata Kunci: penggunaan earplug, poster, perilaku pekerja