Pengaruh Pemberian Poster Tentang Penggunaan Earplug Terhadap Perilaku Pekerja di PC GKBI Medari

Pengaruh Pemberian Poster Tentang Penggunaan Earplug Terhadap Perilaku Pekerja di PC GKBI Medari
2024-10-15
id
Thesis
text
Latar Belakang : Pabrik Cambric Gabungan Koperasi Batik Indonesia Yogyakarta merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai jenis tekstil. PC GKBI telah melakukan pemberian earplug pada pekerja di area bising Namun ada yang tidak memakainya terutama pekerja di bagian weaving. hal tersebut karena merka merasa tidak nyaman. Terdapat juga keluhan gangguan pendengaran dari para pekerja yang terpapar kebisingan yang bersumber dari 504 mesin produksi yang beroperasi selama 24 jam setiap hari. Hasil pengukuran kebisingan di ruang produksi sebesar 121,8 dB. Penggunaan poster merupakan cara yang efektif dan efisien untuk berkomunikasi dengan pekerja dan mempengaruhi perilaku mereka. Dengan desain yang menarik dan penempatan yang strategis, poster dapat menjadi alat komunikasi yang kuat di tempat kerja. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian poster tentang penggunaan earplug terhadap perilaku pekerja di PC GKBI Medari Metode: Jenis penelitian quasi eksperimental. Penelitian ini menggunakan desain one grup pretest dan post test. Lokasi penelitian di industri PC GKBI Medari. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2024. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 30 orang. Variabel penganggu pada penelitian ini adalah masa kerja dan usia. Uji statistik yang digunakan adalah uji Wilxocon. Hasil: Hasil uji Wilcoxon dengan nilai p-value 0.000 ini menunjukan bahwa nilai p-value 0.000 ≤0,05. Berdasarkan hasil lembar checklist yang peneliti lakukan di PT PC GKBI Medari sebelum dilakukan intervensi bahwa pretest kategori baik sebanyak 1 orang dengan persentase 3,3%, kategori cukup sebanyak 22 orang dengan persentase 73,3% dan kategori kurang sebanyak 7 orang dengan persentase 23,3%. dapat disimpulkan bahwa pretest kategori paling banyak adalah cukup. Sedangkan hasil penelitian setelah dilakukan intervensi berupa pemberian poster tentang penggunaan earplug kategori baik sebanyak 30 orang dengan persentase 100%. Kesimpulan: ada pengaruh dari media poster terhadap perubahan perilaku pekerja mengenai penggunaan earplug di PT PC GKBI Medari. Kata Kunci: penggunaan earplug, poster, perilaku pekerja