Efektivitas Media Dental Story Sticker Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Tentang Gingivitis Pada Anak Tunagrahita

Efektivitas Media Dental Story Sticker Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Tentang Gingivitis Pada Anak Tunagrahita
2024-10-03
en
Thesis
text
Latar Belakang : Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018, di Indonesia masalah pada gingiva menduduki urutan kedua sebesar 96,58%, dan prevalensi gingivitis sebesar 74%. Anak tunagrahita memiliki kebersihan gigi dan mulut buruk sebesar 62,6%. Edukasi kesehatan gigi perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis salah satunya menggunakan media dental story sticker. Tujuan : Diketahuinya pengaruh media dental story sticker terhadap pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita. Metode : Jenis penelitian Quasy Experiment Design dengan rancangan Pretest Postest With Control Group. Penelitian dilaksanakan bulan Juli – Agustus 2024. Populasi penelitian seluruh anak tunagrahita di SLB N 1 Bantul, dengan sampel 60 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pada kelompok eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 80%. Perilaku pada kelompok eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori kurang 70% dan sesudahnya menjadi kategori baik 93,3%. Pengetahuan pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 63,3%. Perilaku pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi yaitu kategori kurang 76,7% dan sesudahnya menjadi kategori baik 83,3%. Hasil uji Wilcoxon pada variabel pengetahuan diperoleh nilai p =0,000 dan variabel perilaku p= 0,000. Kesimpulan : Media dental story sticker berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita. Kata Kunci : Media dental story sticker, Pengetahuan, Perilaku, Gingivitis.