Efektivitas Media Dental Story Sticker Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Tentang Gingivitis Pada Anak Tunagrahita

Efektivitas Media Dental Story Sticker Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Tentang Gingivitis Pada Anak Tunagrahita
2024-10-03
en
Thesis
text
Latar Belakang : Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2018, di Indonesia masalah
pada gingiva menduduki urutan kedua sebesar 96,58%, dan prevalensi gingivitis
sebesar 74%. Anak tunagrahita memiliki kebersihan gigi dan mulut buruk sebesar
62,6%. Edukasi kesehatan gigi perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan
dan perilaku tentang gingivitis salah satunya menggunakan media dental story
sticker.
Tujuan : Diketahuinya pengaruh media dental story sticker terhadap pengetahuan
dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita.
Metode : Jenis penelitian Quasy Experiment Design dengan rancangan Pretest
Postest With Control Group. Penelitian dilaksanakan bulan Juli – Agustus 2024.
Populasi penelitian seluruh anak tunagrahita di SLB N 1 Bantul, dengan sampel 60
responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data
menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pada kelompok
eksperimen sebelum dilakukan edukasi dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya
menjadi kategori tinggi 80%. Perilaku pada kelompok eksperimen sebelum
dilakukan edukasi dengan kategori kurang 70% dan sesudahnya menjadi kategori
baik 93,3%. Pengetahuan pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi
dengan kategori tinggi 0% dan sesudahnya menjadi kategori tinggi 63,3%. Perilaku
pada kelompok kontrol sebelum dilakukan edukasi yaitu kategori kurang 76,7%
dan sesudahnya menjadi kategori baik 83,3%. Hasil uji Wilcoxon pada variabel
pengetahuan diperoleh nilai p =0,000 dan variabel perilaku p= 0,000.
Kesimpulan : Media dental story sticker berpengaruh dalam meningkatkan
pengetahuan dan perilaku tentang gingivitis pada anak tunagrahita.
Kata Kunci : Media dental story sticker, Pengetahuan, Perilaku, Gingivitis.