PENGARUH PROMOSI MOTION GRAPHIC TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PENGGUNA ORTHODONTI

PENGARUH PROMOSI MOTION GRAPHIC TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PENGGUNA ORTHODONTI
2024-10-30
id
Thesis
text
Latar Belakang : Berdasarkan Riskesdas pemakai orthodonti di Provinsi DIY pada tahun 2018 diatas rata-rata Indonesia yakni sebesar 0,7% . Pemakai alat orthodonti sangat rentan dalam peningkatan akumulasi plak yang disertai penyakit mulut lainnya seperti gingivitis, indeks plak dan indeks pendarahan yang tinggi. Tujuan : Mengetahui pengaruh promosi motion graphic terhadap pengetahuan dan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pengguna orthodonti. Metode : Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan teknik random sampling, desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest group design, terdapat populasi sebanyak 113 responden didapatkan sampel 90 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin kemudian dibagi menjadi dua yaitu 45 responden kelompok perlakuan dan 45 responden kelompok kontrol. Pengambilan data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil : Diketahui pengetahuan kelompok perlakuan sebelum promosi 46,7% dan sesudah menjadi 80,0% pada kelompok kontrol sebelum promosi 55,6% dan sesudah menjadi 71,1%. Diketahui perilaku kelompok perlakuan sebelum promosi 46,7% dan sesudah menjadi 66,7% pada kelompok kontrol sebelum promosi 57,8% dan sesudah menjadi 68.9%. Hasil uji wilcoxon ada perbedaan bermakna sebelum dan sesudah pada pengetahuan dan perilaku setelah promosi dengan motion graphic dan video konvensional didapatkan nilai p<0,05. Kesimpulan : Promosi motion graphic berpengaruh terhadap pengetahuan dan perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pengguna orthodonti. Kata Kunci : Promosi, motion graphic, pengetahuan, perilaku, pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut, orthodonti.