PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP PENGETAHUAN DAN MINAT ANAK MELAKUKAN PERAWATAN KARIES GIGI

PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP PENGETAHUAN DAN MINAT ANAK MELAKUKAN PERAWATAN KARIES GIGI
2024-10-29
en
Thesis
text
Latar belakang: Gigi berlubang adalah masalah gigi di Indonesia yang menempati peringkat pertama dalam 1 tahun terakhir sebesar 43,6%. Usia 5-9 tahun merupakan prevalensi tertinggi mencapai 49,9% dibandingkan usia lainnya dan hanya 3,2% gigi ditambal/ rawat, 88,3% tidak pernah berobat ke tenaga kesehatan gigi. Upaya kesehatan gigi dan mulut penting dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan pengetahuan, sikap dan tindakan, meningkatkan perilaku kunjungan ke fasilitas kesehatan dan mengurangi prevalensi kejadian penyakit tiap periode tertentu. Tujuan: Mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media question box terhadap pengetahuan dan minat anak melakukan perawatan karies gigi. Metode: Desain penelitian ini eksperimen semu dengan rancangan Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa berusia 7-9 tahun, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dihitung dengan rumus Slovin didapatkan sampel sebanyak 90 responden. Kelompok perlakuan 45 responden dan kelompok kontrol 45 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan dan minat. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Uji Mann Whitney. Hasil: Uji wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan pada pengetahuan dan minat sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media question box dengan nilai p< 0,05. Sedangkan uji Mann Whitney menunjukkan tidak terdapat perbedaan antara keompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan nilai p> 0,05. Kesimpulan : Media question box tidak memiliki pengaruh terhadap pengetahuan dan minat anak melakukan perawatan karies gigi Kata Kunci : Penyuluhan, question box, karies gigi, pengetahuan, minat