PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA
QUESTION BOX TERHADAP PENGETAHUAN DAN MINAT
ANAK MELAKUKAN PERAWATAN KARIES GIGI

PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA
QUESTION BOX TERHADAP PENGETAHUAN DAN MINAT
ANAK MELAKUKAN PERAWATAN KARIES GIGI
2024-10-29
en
Thesis
text
Latar belakang: Gigi berlubang adalah masalah gigi di Indonesia yang
menempati peringkat pertama dalam 1 tahun terakhir sebesar 43,6%. Usia 5-9
tahun merupakan prevalensi tertinggi mencapai 49,9% dibandingkan usia lainnya
dan hanya 3,2% gigi ditambal/ rawat, 88,3% tidak pernah berobat ke tenaga
kesehatan gigi. Upaya kesehatan gigi dan mulut penting dilakukan untuk
mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan pengetahuan, sikap dan
tindakan, meningkatkan perilaku kunjungan ke fasilitas kesehatan dan mengurangi
prevalensi kejadian penyakit tiap periode tertentu.
Tujuan: Mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media question box
terhadap pengetahuan dan minat anak melakukan perawatan karies gigi.
Metode: Desain penelitian ini eksperimen semu dengan rancangan Pretest-
Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa berusia 7-9 tahun,
sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dihitung dengan rumus
Slovin didapatkan sampel sebanyak 90 responden. Kelompok perlakuan 45
responden dan kelompok kontrol 45 responden. Instrumen penelitian
menggunakan kuesioner pengetahuan dan minat. Analisis data menggunakan uji
Wilcoxon Signed Rank Test dan Uji Mann Whitney.
Hasil: Uji wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan pada pengetahuan dan minat
sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media question box
dengan nilai p< 0,05. Sedangkan uji Mann Whitney menunjukkan tidak terdapat
perbedaan antara keompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan nilai p> 0,05.
Kesimpulan : Media question box tidak memiliki pengaruh terhadap pengetahuan
dan minat anak melakukan perawatan karies gigi
Kata Kunci : Penyuluhan, question box, karies gigi, pengetahuan, minat