PENGARUH BIBLIOTERAPI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA INTERAKTIF TERHADAP KECEMASAN PRAANESTESI UMUM PADA ANAK USIA SEKOLAH
DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
PENGARUH BIBLIOTERAPI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA INTERAKTIF TERHADAP KECEMASAN PRAANESTESI UMUM PADA ANAK USIA SEKOLAH
DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2018-11-14
en
Thesis
text
Latar Belakang : Anak usia sekolah adalah anak dalam rentang kehidupan usia 6-12 tahun. Perawat memegang peranan penting dalam meminimalkan dampak dari perawatan anak dan membantu mengurangi kecemasan pada anak. Keadaan anak yang cemas dalam menghadapi operasi akan menghambat jalannya operasi. Pemanfaatan buku sebagai media terapi disebut dengan biblioterapi. Dalam penelitian ini peneliti memilih media buku cerita interaktif, buku interaktif ternyata dapat lebih menarik perhatian anak-anak dibandingkan game. Hal ini disebabkan buku interaktif berisi gambar yang dapat bergerak.
Tujuan Penelitian : Diketahuinya pengaruh biblioterapi menggunakan media buku cerita interaktif terhadap kecemasan praanestesi umum pada anak usia sekolah di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini menggunakan Pre Experimental Design, dengan desain one group pra-post test. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2018. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien anak usia sekolah yang akan menjalani operasi dengan anestesi umum di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Analisis data menggunakan Wilcoxon Rank Test.
Hasil Penelitian : Kecemasan sebelum dan sesudah dilakukan biblioterapi menggunakan media buku cerita interaktif mengalami penurunan dengan gejala kecemasan berat dari 35,7% menjadi 0%, gejala kecemasan sedang dari 60,7% menjadi 25,0% dan terjadi peningkatan gejala kecemasan ringan dari 3,6% menjadi 75,0%. Hasil uji Wilcoxon Rank Test dikelahui tingkat signifikansi ρ=0,000 (ρ<0,05)
Kesimpulan : Ada pengaruh biblioterapi menggunakan media buku cerita interaktif terhadap kecemasan praanestesi umum pada anak usia sekolah di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.