HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT ANESTESI DENGAN KEPUASAN PELAYANAN PRE ANESTESI DI RUANG RAWAT INAP RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL
HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT ANESTESI DENGAN KEPUASAN PELAYANAN PRE ANESTESI DI RUANG RAWAT INAP RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL
2017-06-01
en
Thesis
text
INTISARI Pelayanan prima di rumah sakit dapat tercapai apabila semua sumber daya manusia menerapkan sikap caring kepada pasien dalam memberikan pelayanan, sehingga pasien dan keluarga akan merasa puas dengan jasa yang diberikan rumah sakit. Perilaku caring perawat anestesi pada pre operasi akan menyiapkan fisik dan mental pasien, sehingga pasien akan merasa nyaman, diperhatikan, dan lebih siap untuk dilakukan operasi. Kurangnya persiapan dan informasi sebelum operasi akan mempengaruhi keputusan pasien sehingga tidak jarang pasien menolak sebelum dilakukan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat anestesi dengan kepuasan pelayanan pre anestesi di ruang rawat inap RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Pengambilan sampling non probability sampling dengan teknik purposive sampling Populasi dalam penelitian adalah semua pasien yang akan menjalani anestesi pada operasi elektif di ruang rawat inap RSU PKU Muhammadiyah Bantul dengan jumlah 195 dan jumlah sampel 56 responden. Analisa data menggunakan uji chi square. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa perawat anestesi RSU PKU Muhammadiyah Bantul yang melakukan caring yaitu 51 orang (91,07%). Sebagian besar responden merasa puas dengan perilaku perawat anestesi yaitu 49 orang (87,5%). Hasil uji chi square didapatkan nilai X2 38,431 dengan signifikan (p) 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan yang cukup erat antara perilaku caring perawat anestesi dengan kepuasan pelayanan pre anestesi dilihat dari besaran korelasi phi dan cramer menghasilkan angka sama yaitu 0,828 dan koefisien kontingensi menghasilkan nilai yang lebih kecil yaitu 0,638 Kesimpulan: Ada hubungan perilaku caring perawat anestesi dengan kepuasan pelayanan pre anestesi di ruang rawat inap RSU PKU Muhammadiyah Bantul
Kata kunci : perilaku caring, kepuasan