PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP
TINGKAT KECEMASAN PADA HOSPITALISASI
ANAK USIA PRASEKOLAH DI BANGSAL
DAHLIA RSUD WONOSARI

PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP
TINGKAT KECEMASAN PADA HOSPITALISASI
ANAK USIA PRASEKOLAH DI BANGSAL
DAHLIA RSUD WONOSARI
2018-11-22
en
Thesis
text
Latar belakang:Kelemahan pada anak usia prasekolah yaitu memiliki
imunitas yang lebih rendah dari orang dewasa sehingga menyebabkan anak rentan
terkena infeksi, jatuh dan cidera sehingga anak harus menjalani perawatan di rumah
sakit. Dampak dari hospitalisasi akan menimbulkan reaksi psikologis pada anak
berupa kecemasan. Kecemasan akan menyebabkan anak menjaadi tidak kooperatif
dan sulit diajak bekerjasama dengan petugas kesehatan. Berdasarkan data tiga bulan
terakhir rata-rata anak usia prasekolah yang dirawat di bangsal Dahlia RSUD
Wonosari sebanyak 24 anak tiap bulannya dan mengalami kecemasan, terutama anak
yang baru pertama kali dirawat. Tujuan: Penelitian ini menggambarkan penerapan
terapi bermain puzzle pada anak yang mengalami kecemasan hospitalisasi.
Metode:penelitian ini merupakan deskriptif dengan desain penelitian studi kasus
meliputi proses keperawatan. Hasil: penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
dilakukannya terapi bermain pada klien yang di rawat inap dapat mengatasi
kecemasan klien. Saat pengkajian kepada dua klien didapatkan kecemasan sedang,
setelah kedua kien diberikan terapi bermain puzzle, kecemasan pada kedua klien tidak
ada atau teratasi. Kesimpulan: Terapi bermain puzzle efektif diberikan pada anak
yang dirawat inap untuk mengatasi kecemasan. Saran: terapi bermain puzzle
diberikan kepada anak yang dirawat inap untuk mengatasi kecemasan.