PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN HIV/AIDS PADA REMAJA DI SMKN 1 TEMON

PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN HIV/AIDS PADA REMAJA DI SMKN 1 TEMON
2019-12-17
en
Thesis
text
Latar Belakang : HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Hingga saat ini belum ada obat untuk virus HIV, HIV merupakan virus yang berbahaya bila tidak ditangani. Video adalah rekaman gambar hidup atau program televisi atau dengan kata lain video merupakan tayangan gambar bergerak yang disertai suara. Video akan membuat masyarakat lebih cepat menerima pesan yang ditampilkan dan didengar daripada membaca tulisan. Tujuan : untuk mengetahui pengaruh media video terhadap peningkatan pengetahuan tentang HIV / AIDS pada remaja di SMKN 1 Temon. Metode : Penelitian quasi experiment dengan pre test-post test with control group desaign. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2019. Lokasi penelitian berada di SMK Negeri 1 Temon. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan subyek penelitian adalah remaja dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang responden, baik pada kelompok eksperimen maupun pada kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil : Rata-rata skor pengetahuan pada kelompok eksperimen dengan video memiliki nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05), untuk kelompok kontrol dengan flyer nilai signifikansinya 0,000 (0,000 < 0,05). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan yang bermakna sebelum dan sesudah diberi intervensi. Kesimpulan : terdapat pengaruh media video terhadap pengetahuan HIV/AIDS pada remaja.