PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN
HIV/AIDS PADA REMAJA DI SMKN 1 TEMON
PENGARUH MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN
HIV/AIDS PADA REMAJA DI SMKN 1 TEMON
2019-12-17
en
Thesis
text
Latar Belakang : HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh
manusia. Hingga saat ini belum ada obat untuk virus HIV, HIV merupakan virus
yang berbahaya bila tidak ditangani. Video adalah rekaman gambar hidup atau
program televisi atau dengan kata lain video merupakan tayangan gambar
bergerak yang disertai suara. Video akan membuat masyarakat lebih cepat
menerima pesan yang ditampilkan dan didengar daripada membaca tulisan.
Tujuan : untuk mengetahui pengaruh media video terhadap peningkatan
pengetahuan tentang HIV / AIDS pada remaja di SMKN 1 Temon.
Metode : Penelitian quasi experiment dengan pre test-post test with control group
desaign. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2019. Lokasi penelitian
berada di SMK Negeri 1 Temon. Teknik sampling menggunakan purposive
sampling dengan subyek penelitian adalah remaja dengan jumlah sampel
sebanyak 36 orang responden, baik pada kelompok eksperimen maupun pada
kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner.
Hasil : Rata-rata skor pengetahuan pada kelompok eksperimen dengan video
memiliki nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05), untuk kelompok kontrol dengan
flyer nilai signifikansinya 0,000 (0,000 < 0,05). Dari data tersebut dapat
disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan yang bermakna sebelum
dan sesudah diberi intervensi.
Kesimpulan : terdapat pengaruh media video terhadap pengetahuan HIV/AIDS
pada remaja.