PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN
PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG
PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI
SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN 2019
PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN
PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG
PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI
SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN 2019
en
Article
text
Latar belakang: Kanker Payudara merupakan jenis tumor ganas yang menjadi
pembunuh nomor satu perempuan. Prevalensi kanker payudara di Indonesia tertinggi
di DIY sebesar 2,4%. Berdasarkan wawancara dengan delapan siswi di SMA Negeri
1 Sanden secara acak didapatkan hasil: dua siswi (25%) pernah mengetahui istilah
SADARI dan enam siswi (75%) belum mengetahui istilah SADARI.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap peningkatan
pengetahuan dan sikap tentang SADARI pada siswi kelas X SMA Negeri 1 Sanden
Tahun 2019.
Metode Penelitian: Penelitian dilaksanakan dengan quasi experimental research.
Rancangan penelitian dengan pre test – post test dengan kelompok kontrol. Sampel
penelitian 36 siswi kelas X SMA Negeri 1 Sanden untuk kelompok eksperimen dan 36
siswi kelas X SMA Negeri 1 Pundong untuk kelompok kontrol. Teknik sampling
menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner.
Hasil Penelitian: Pada kelompok eksperimen, terdapat peningkatan pengetahuan dan
sikap dengan p-value 0.000 sedangkan pada kelompok kontrol, terdapat peningkatan
pengetahuan dan sikap dengan p-value masing-masing sebesar 0.010 dan 0.000.
Terdapat perbedaan pengetahuan pada kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 20,16
dengan p-value 0.000 dan sikap sebesar 16,66 dengan p-value 0.001.
Kesimpulan: Ada pengaruh peer education terhadap peningkatan pengetahuan dan
sikap tentang SADARI