PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN 2019

PENGARUH PEER EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI DI SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN 2019
en
Article
text
Latar belakang: Kanker Payudara merupakan jenis tumor ganas yang menjadi pembunuh nomor satu perempuan. Prevalensi kanker payudara di Indonesia tertinggi di DIY sebesar 2,4%. Berdasarkan wawancara dengan delapan siswi di SMA Negeri 1 Sanden secara acak didapatkan hasil: dua siswi (25%) pernah mengetahui istilah SADARI dan enam siswi (75%) belum mengetahui istilah SADARI. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh peer education terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang SADARI pada siswi kelas X SMA Negeri 1 Sanden Tahun 2019. Metode Penelitian: Penelitian dilaksanakan dengan quasi experimental research. Rancangan penelitian dengan pre test – post test dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian 36 siswi kelas X SMA Negeri 1 Sanden untuk kelompok eksperimen dan 36 siswi kelas X SMA Negeri 1 Pundong untuk kelompok kontrol. Teknik sampling menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian: Pada kelompok eksperimen, terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap dengan p-value 0.000 sedangkan pada kelompok kontrol, terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap dengan p-value masing-masing sebesar 0.010 dan 0.000. Terdapat perbedaan pengetahuan pada kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 20,16 dengan p-value 0.000 dan sikap sebesar 16,66 dengan p-value 0.001. Kesimpulan: Ada pengaruh peer education terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang SADARI