HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG PENDIDIKAN
SEKS ANAK USIA DINI PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI
KECAMATAN PAKUALAMAN KOTA YOGYAKARTA
TAHUN 2019
HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG PENDIDIKAN
SEKS ANAK USIA DINI PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI
KECAMATAN PAKUALAMAN KOTA YOGYAKARTA
TAHUN 2019
2020-01-03
id
Thesis
text
Latar Belakang : Kasus kekerasan anak beberapa tahun terakhir banyak
terjadi di dunia termasuk salah satunya di Indonesia. Kasus kekerasan yang
menimpa anak usia dini, disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah
kurangnya pendidikan seks pada anak usia dini. Pemahaman tentang pengetahuan
dan ketersediaan keterampilan para pendidik sangat diperlukan untuk memulai
aplikasi pendidikan seks.
Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap tentang
pendidikan seks anak usia dini pada guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan
Pakualaman Yogyakarta tahun 2019.
Metode Penelitian : Penelitian analitik observasional desain cross sectional.
Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Maret 2019. Sampel penelitian guru
Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Pakualaman sebanyak 44 guru. Analisis data
menggunakan uji chi-square.
Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan guru mayoritas baik (59,1%) dengan
mayoritas sikap tidak mendukung (61,4%). Sebagian besar responden berada pada
rentang usia 41-60 tahun (63,6%), pendidikan tinggi (93,2%) dengan kualifikasi
sarjana non PAUD (50%), media yang sering digunakan untuk memperoleh
informasi tentang pendidikan seks adalah media elektronik (77,3%) yaitu dengan
menggunakan internet (47,7%).
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap guru
tentang pendidikan seks anak usia dini. Tingkat pengetahuan baik memiliki
peluang 5,833 kali untuk bersikap mendukung terhadap pemberian pendidikan
seks anak usia dini.