HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN PAKUALAMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN PAKUALAMAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2019
2020-01-03
id
Thesis
text
Latar Belakang : Kasus kekerasan anak beberapa tahun terakhir banyak terjadi di dunia termasuk salah satunya di Indonesia. Kasus kekerasan yang menimpa anak usia dini, disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya pendidikan seks pada anak usia dini. Pemahaman tentang pengetahuan dan ketersediaan keterampilan para pendidik sangat diperlukan untuk memulai aplikasi pendidikan seks. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap tentang pendidikan seks anak usia dini pada guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Pakualaman Yogyakarta tahun 2019. Metode Penelitian : Penelitian analitik observasional desain cross sectional. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Maret 2019. Sampel penelitian guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Pakualaman sebanyak 44 guru. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil Penelitian : Tingkat pengetahuan guru mayoritas baik (59,1%) dengan mayoritas sikap tidak mendukung (61,4%). Sebagian besar responden berada pada rentang usia 41-60 tahun (63,6%), pendidikan tinggi (93,2%) dengan kualifikasi sarjana non PAUD (50%), media yang sering digunakan untuk memperoleh informasi tentang pendidikan seks adalah media elektronik (77,3%) yaitu dengan menggunakan internet (47,7%). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap guru tentang pendidikan seks anak usia dini. Tingkat pengetahuan baik memiliki peluang 5,833 kali untuk bersikap mendukung terhadap pemberian pendidikan seks anak usia dini.