PERBEDAAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN
REPRODUKSI DENGAN CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO
DAN MEDIA SLIDE PADA REMAJA DI KELAS X
SMK YPKK 2 SLEMAN
PERBEDAAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN
REPRODUKSI DENGAN CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO
DAN MEDIA SLIDE PADA REMAJA DI KELAS X
SMK YPKK 2 SLEMAN
id
Thesis
text
Latar Belakang : HIV/AIDS, seks bebas dan penyalahgunaan NAPZA
merupakan masalah yang paling menonjol pada remaja. Seorang remaja
membutuhkan pengetahuan akan kesadaran terhadap manfaat perilaku sehat dan
bahaya ditimbulkan dari perilaku berisiko. Penyuluhan merupakan upaya
perubahan perilaku manusia yang dilakukan melalui pendekatan edukatif.
Tujuan Penelitian : Diketahuinya perbedaan peningkatan pengetahuan tentang
kesehatan reproduksi remaja antara ceramah menggunakan media video dan
ceramah menggunakan media slide.
Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu pretest and
posttest with control group design, dilaksanakan bulan April 2019. Jumlah sampel
adalah 72 siswa kelas X, dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Tekning sampling menggunakan simple random sampling. Analisis data
menggunakan uji Paired t-test dan Independent t-test.
Hasil Penelitian : Kelompok eksperimen mengalami peningkatan pengetahuan
dari pretest sebesar 73,86 menjadi 83,78 pada posttest 20 menit setelah ceramah.
Sedangkan pada kelompok kontrol dari pretest sebesar 74,36 menjadi 78,97
dengan nilai p-value 0,000 dan 0,009. Kemudian pada posttest 2 hari setelah
ceramah, kelompok eksperimen mengalami peningkatan pengetahuan dari pretest
sebesar 73,86 menjadi 83,53. Sedangkan pada kelompok kontrol, dari pretest
sebesar 74,36 menjadi 78,47 dengan hasil p-value 0,000 dan 0,051. Hasil
Independent T-Test diketahui bahwa nilai rata-rata peningkatan pengetahuan
kelompok eksperimen adalah 9,83 dan kelompok kontrol sebesar 4,42, sehingga
perbedaan rata-rata peningkatan pengetahuan pada kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol yaitu 5,417 dengan nilai p-value 0,011.
Kesimpulan : Peningkatan pengetahuan 20 menit setelah ceramah dengan media
video lebih tinggi dibanding dengan media slide, demikian juga pada 2 hari
setelah dilakukan ceramah meskipun ada penurunan nilai peningkatan.