PERBEDAAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA SLIDE PADA REMAJA DI KELAS X SMK YPKK 2 SLEMAN

PERBEDAAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN CERAMAH MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA SLIDE PADA REMAJA DI KELAS X SMK YPKK 2 SLEMAN
id
Thesis
text
Latar Belakang : HIV/AIDS, seks bebas dan penyalahgunaan NAPZA merupakan masalah yang paling menonjol pada remaja. Seorang remaja membutuhkan pengetahuan akan kesadaran terhadap manfaat perilaku sehat dan bahaya ditimbulkan dari perilaku berisiko. Penyuluhan merupakan upaya perubahan perilaku manusia yang dilakukan melalui pendekatan edukatif. Tujuan Penelitian : Diketahuinya perbedaan peningkatan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja antara ceramah menggunakan media video dan ceramah menggunakan media slide. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu pretest and posttest with control group design, dilaksanakan bulan April 2019. Jumlah sampel adalah 72 siswa kelas X, dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tekning sampling menggunakan simple random sampling. Analisis data menggunakan uji Paired t-test dan Independent t-test. Hasil Penelitian : Kelompok eksperimen mengalami peningkatan pengetahuan dari pretest sebesar 73,86 menjadi 83,78 pada posttest 20 menit setelah ceramah. Sedangkan pada kelompok kontrol dari pretest sebesar 74,36 menjadi 78,97 dengan nilai p-value 0,000 dan 0,009. Kemudian pada posttest 2 hari setelah ceramah, kelompok eksperimen mengalami peningkatan pengetahuan dari pretest sebesar 73,86 menjadi 83,53. Sedangkan pada kelompok kontrol, dari pretest sebesar 74,36 menjadi 78,47 dengan hasil p-value 0,000 dan 0,051. Hasil Independent T-Test diketahui bahwa nilai rata-rata peningkatan pengetahuan kelompok eksperimen adalah 9,83 dan kelompok kontrol sebesar 4,42, sehingga perbedaan rata-rata peningkatan pengetahuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu 5,417 dengan nilai p-value 0,011. Kesimpulan : Peningkatan pengetahuan 20 menit setelah ceramah dengan media video lebih tinggi dibanding dengan media slide, demikian juga pada 2 hari setelah dilakukan ceramah meskipun ada penurunan nilai peningkatan.