PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-C WIYATA DHARMA IV GODEAN
PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-C WIYATA DHARMA IV GODEAN
Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jurusan Keperawatan Gigi
2020-01-28
id
Article
text
THE EFFECT OF COUNSELING WITH VIDEO ON THE LEVEL OF KNOWLEDGE OF BRUSHING TEETH IN CHILDREN WITH TUNAGRAHITA IN SLB-C WIYATA DHARMA IV GODEAN
Chindy Alifa Ilmazura*, Siti Sulastri, Almujadi
Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Jl Kyai Mojo, No 56, Pingit, Yogyakarta
Email: cindyilmazuraf@gmail.com
ABSTRACK
Background: The counseling method for children with special needs, especially for mentally retarded children is to use video media because it can repeat the material, display it in the form of moving images, thus encouraging children to find out more about the material presented.
Purpose: To determine the effect of counseling with video media on the level of knowledge of the teeth and mouth brushing of mentally retarded children in SLB-C Wiyata Dharma IV Godean
Method: This type of research is a quasi-experimental study with total sampling technique with a population of 46 students, 23 students included in the experimental group that is the group given counseling with video media and 23 other students included in the control group that is the group given counseling with phantom media. This study uses the Wilcoxon Signed Ranks Test hypothesis.
Result: The level of knowledge of brushing teeth before using video media that is on good criteria as much as 21.7%, 30.4% enough and less than 47.8% and after counseling using video media into a good category that is 60.9%, enough 30.4% and less as much as 8.7%. Wilcoxon Signed Ranks Test Results showed significant values of 0,000 and 0.84 <0.05
Conclusion: Counseling with video media means the level of knowledge of brushing teeth and mouth in retarded children.
Keywords: Video media, level of knowledge, mental retardation children
PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB-C WIYATA DHARMA IV GODEAN
Chindy Alifa Ilmazura*, Siti Sulastri, Almujadi
Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Jl Kyai Mojo, No. 56, Pingit, Yogyakarta
Email: cindyilmazuraf@gmail.com
ABSTRAK
Latar Belakang : Metode penyuluhan pada anak berkebutuhan khusus terutama pada anak tunagrahita yaitu dengan menggunakan media video karena dapat mengulang materi, menampilkan dalam bentuk gambar yang bergerak, sehingga mendorong anak untuk mengetahui lebih jauh materi yang disampaikan.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dengan media video terhadap tingkat pengetahuan menyikat gigi dan mulut anak tunagrahita di SLB-C Wiyata Dharma IV Godean.
Metode Penlitian : Jenis penelitian ini penelitian quasi eksperiment dengan teknik total sampling dengan jumlah populasi 46 siswa, 23 siswa dimasukkan ke dalam kelompok eksperiment yaitu kelompok yang diberikan penyuluhan dengan media video dan 23 siswa lainya masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang diberikan penyuluhan dengan media phantom . Penelitian ini menggunakan uji hipotesis Wilcoxon Signed Ranks Test.
Hasil penelitian : Tingkat pengetahuan menyikat gigi sebelum menggunakan media video yaitu pada kriteria baik sebanyak 21,7%, cukup sebanyak 30,4% dan kurang sebanyak 47,8% dan setelah penyuluhan dengan menggunakan media video menjadi kategori baik yaitu sebanyak 60,9%, cukup 30,4% dan kurang sebanyak 8,7%. Hasil Uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan nilai signifikan 0,000 dan 0,84<0,05.
Kesimpulan : Penyuluhan dengan media video berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan menyikat gigi dan mulut pada anak tunagrahita.
Kata Kunci : Media video, tingkat pengetahuan, anak tunagrahita