PERBEDAAN PENYULUHAN DENGAN MEDIA PAPAN FLANNEL DAN FLASH CARD TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

PERBEDAAN PENYULUHAN DENGAN MEDIA PAPAN FLANNEL DAN FLASH CARD TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
poltekkes kemenkes yogyakarta
2020-02-15
en
Thesis
text
Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut anak di tandai dengan kondisi yang buruk sering dijumpai penumpukan plak dan deposit lainnya sebab pengetahuan anak tentang menyikat gigi masih kurang. SD N Sribitan terletak di Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. 80% siswa menyikat gigi saat mandi dan 20% menyikat saat malam sebelum tidur. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui perbedaan dengan media papan flannel dan flash card terhadap tingkat pengetahuan menyikat gigi pada siswa sekolah dasar. Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah Quasi Experimen, yaitu mendapat perlakuan dan tanpa kelompok banding (Control). Teknik sampling penelitian ini menggunakan Simple Random sampling dengan jumlah 60 siswa. Pengukuran pengetahuan siswa menggunakan kuesioner. Hasil: Pengetahuan sebelum penyuluhan dengan papan flannel kriteria baik 0%, sedang 73,4%, buruk 26,4% sesudah penyuluhan dengan papan flannel kriteria baik 46,7%, sedang 53,3%, buruk 0%. Pengetahuan sebelum penyuluhan dengan flash card kriteria baik 10%, sedang 38,3%, buruk 13,3% dan hasil sesudah penyuluhan kriteria baik 23,3%, sedang 38,3%, buruk 0%. Uji Mann Withney U Test menunjukkan hasil uji secara statistik dengan p value sebesar 0,060 (0,06>0,05) Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan secara signifkan media penyuluhan papan flannel dan flash card terhadap tingkat pengetahuan menyikat gigi pada siswa sekolah dasar. Kata kunci: Penyuluhan, Media, Papan Flannel, Flash card, Tingkat pengetahuan