HUBUNGAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN ANESTESI
HUBUNGAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN ANESTESI
Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
2020-04-16
en
Thesis
text
REVIEW LITERATUR
HUBUNGAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN ANESTESI
Adenia Dwi Ayu Wandira1, Sri Arini Winarti Rinawati2, Sutejo3
Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Jl. Tatabumi No.3, Banyuraden, Gamping, Sleman
email : aadenia05@gmail.com
ABSTRAK
Latar belakang : Rumah sakit sebagai industri jasa harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan termasuk tindakan anestesi. Salah satu upaya untuk menilai kualitas pelayanan dapat dilakukan dengan cara penilaian kepuasan pasien. Perawat sebagai profesi yang banyak berinteraksi dengan pasien membutuhkan komunikasi yang baik agar proses keperawatan yang dilakukannya optimal sehingga meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan. Tujuan : Mengetahui hubungan komunikasi perawat dengan kepuasan pasien pada pelayanan anestesi. Metodologi : Kajian literatur ini menggunakan 2 database Google Scholar dan Portal Garuda dari tahun 2014 sampai 2019 berupa laporan hasil penelitian yang membahas hubungan komunikasi perawat dengan kepuasan pasien dan kepuasan pasien pada pelayanan anestesi yang sesuai dengan kriteria inklusi kemudian dilakukan review. Hasil : Semakin baik komunikasi yang dilakukan perawat semakin tinggi kepuasan pasien dan begitu pula sebaliknya. Komunikasi perawat perlu senantiasa ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pasien. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara komunikasi perawat dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan tingkat keeratan yang berbeda-beda.
Kata kunci : komunikasi perawat, kepuasan pasien, kepuasan pelayanan anestesi
Keterangan:
1Mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
2,3Dosen Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta