PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KECEMASAN PRAOPERASI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI RS PKU MUHAMMADIYAH GAMPING

PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP KECEMASAN PRAOPERASI PADA ANAK USIA SEKOLAH DI RS PKU MUHAMMADIYAH GAMPING
2020-04-09
en
Thesis
text
Latar Belakang: Kecemasan merupakan salah satu masalah operasi yang paling umum. Kecemasan yang timbul menjelang operasi akan mengganggu jalannya proses operasi. Anak lebih rentan mengalami kecemasan terhadap pembedahan dikarenakan kurangnya pengetahuan anak terhadap pembedahan, anak belum dapat mengontrol diri dan kurangnya penjelasan yang sesuai terhadap anak. Alat Permainan Edukatif (APE) dapat menjadi metode edukasi yang sesuai bagi anak karena APE dapat menciptakan situasi bermain yang mengasyikkan bagi anak dan dapat menjadi media pembelajaran bagi anak. Tujuan Penlitian: mengetahui pengaruh alat permainan edukatif (APE) terhadap kecemasan praoperasi pada anak usia sekolah di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Metode Penelitian: penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen dengan pre test-post test with control group design. Teknik pengambilan sampel dengan consecutive sampling sebanyak 34 pasien. Hasil penelitian: kecemasan pre test pada kelompok intervensi cemas sedang 9 orang (52.9%), kecemasan berat 6 orang (35.3%), kecemasan ringan 2 orang (11,8%). Hasil post test menunjukkan penurunan kecemasan, yaitu kecemasan ringan 10 orang (58.8%) dan kecemasan sedang sebanyak 7 orang (41.2%). Uji Man Whitney dieroleh nilai signifikansi p=0,000 (p<0.05) artinya ada pengaruh pemberian alat permainan edukatif terhadap kecemasan praoperasi pada anak usia sekolah di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Kesimpulan: ada pengaruh alat permainan edukatif terhadap kecemasan praoperasi pada anak usia sekolah di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Kata kunci: Alat permainan edukatif, kecemasan, anak usia sekolah, praoperasi