TERAPI BERMAIN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKATKAN PENGETAHUAN PHBS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH
TERAPI BERMAIN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKATKAN PENGETAHUAN PHBS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH
2020-05-11
en
Thesis
text
LITERATURE REVIEW
PENERAPAN TERAPI BERMAIN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PHBS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH
Resilia Wihandesi1 Agus Sarwo Prayogi2 Eko Suryani3
Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
Jl. Tatabumi No. 3 Banyuraden, Gamping, Sleman
Email: resiliadesi9@gmail.com
ABSTRAK
Latar belakang:Pengetahuan siswa tentang perilaku hidup sehat sangatlah penting, karena pengetahuan siswa yang tinggi terhadap perilaku hidup sehat akan menjadi pendorong timbulnya usaha sadar anak untuk menjaga dan meningkatkan kesehatannya melalui perilaku hidup sehat.
Tujuan:. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi terapi ular tangga untuk meningkatkan pengetahuan tentang PHBS
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian sekunder berjenis literature review. Pengumpulan data penulis menggunakan kata kunci yang sudah disusun yaitu menggunakan kata terapi bermain ular tangga, PHBS dan anak usia pra sekolah dengan menelusuri artikel free fulltexs dari Pudmed, Google Search dan Garuda. Jurnal kemudian diseleksi menggunakan kriteria nklusi dan ekslusi dan didapatkan 5 artikel terkait pada tahun 2015-2020 Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis intervensi keperawatan terkini dalam penerapannya untuk meningkatkan pengetahuan anak pra sekolah dalam perilaku hidup bersih dan sehat.
Hasil: Penelitian ini menggunakan media alternatif permainan ular tangga yang bertujuan untuk meningkatkan stimulasi panca indra sehingga responden memperoleh pemahaman dan membentuk kesadarannya untuk melaksanakan PHBS. Keutungan dari penerapan terapi bermain ini adalah menyenangkan, memungkinkan adanya partisipasi untuk belajar, memberikan umpan balik, memungkinkan anak untuk memecahkan masalah-masalah, memberikan pengalamanpengalaman nyata,serta membantu meningkatkan kemampuan komunikatifnya. Terapi bermain ular tangga dapat digunakan dalam pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang PHBS.
Kesimpulan: Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan terapi bermain ular tangga merupakan salah satu stimulus untuk meningkatkan pengetahuan anak dalam PHBS.
Kata Kunci : terapi bermain ular tangga, pengetahuan, PHBS