SANITASI BOARD GAME DAPAT MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG PENYAKIT DIARE: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

SANITASI BOARD GAME DAPAT MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA SEKOLAH DASAR TENTANG PENYAKIT DIARE: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
2020-05-14
id
Thesis
text
Latar belakang : Salah satu gangguan kesehatan berupa penyakit menular adalah diare. Diare dapat dialami oleh semua kelompok umur. Kelompok anak-anak merupakan kelompok usia yang rentan dan paling menderita akibat diare karena sistem kekebalan tubuh yang masih lemah karena kurangnya pengetahuan tentang penyakit tersebut. Pemberian pengetahuan kepada anak sekolah dasar dapat dilakukan dengan cara penyuluhan kesehatan. Penyuluhan kesehatan dapat diberikan dari berbagai macam metode dan media intervensi. Tujuan : Mengetahui informasi tentang peran media penyuluhan terhadap pengetahuan siswa sekolah dasar tentang penyakit diare melalui review jurnal, dengan penggunaan media usulan peneliti sanitasi board game. Metode: Penelitian ini adalah systematic literature review dengan populasi semua jurnal atau artikel yang membahas mengenai peran media penyuluhan terhadap pengetahuan siswa sekolah dasar tentang penyakit diare, sedangkan sampel sejumlah 13 literatur/referensi yaitu 10 literature dan 3 literature standar. Data dianalisis secara deskriptif lalu diambil kesimpulan. Hasil: Didapatkan karakteristik dari 10 jurnal/artikel tentang peran media penyuluhan terhadap pengetahuan siswa sekolah dasar melalui review jurnal dengan media usulan peneliti yaitu sanitasi board game. Kesimpulan: Asal jurnal dari negara Indonesia (60%), dengan nama sumber jurnal masing-masing 20% yaitu JIM KESMAS, KESMAS dan Indian Journal of Public Health Research & Development, metode penelitian sebagian besar quasi eksperiment (40%) dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design (60%), sebagian besar subyek penelitian adalah siswa sekolah dasar kelas V (50%), media penyuluhan yang banyak digunakan adalah permainan edukatif (30%) & penyuluhan (30%), 70% menunjukkan hasil yang bermakna secara statistik dan media yang yang digunakan memiliki karakteristik yang sama dengan media usulan peneliti. Kata kunci: Siswa sekolah dasar, Penyakit diare, Penyuluhan tentang diare, Board game.