PENGGUNAAN BENDA ASLI PADA CERAMAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KONDISI LINGKUNGAN DI SDN KLODANGAN DAN SDN BERBAH I, SLEMAN

PENGGUNAAN BENDA ASLI PADA CERAMAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KONDISI LINGKUNGAN DI SDN KLODANGAN DAN SDN BERBAH I, SLEMAN
poltekkes kemenkes yogyakarta
2016-02-02
en
Article
text
Menjaga kebersihan jamban dan membuang sampah pada tempatnya adalah contoh dari perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Perilaku memiliki tiga domain, yaitu pengetahuan, sikap dan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan benda asli pada ceramah terhadap pengetahuan dan sikap siswa serta kondisi lingkungan di sekolah yang terkait dengan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan jamban. Quasi eksperimen dilakukan dengan menggunakan desain non-equivalent pre-post control-group. Untuk kelompok perlakuan, penyuluhan disertai dengan penggunaan benda asli, sementara untuk kelompok kontrol hanya dilakukan ceramah saja. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas lima dari SDN Klodangan dan SDN Berbah I, Sleman, dimana SDN Berbah I yang terdiri dari 30 siswa adalah sebagai kelompok kontrol dan SDN Klodangan yang terdiri dari 34 orang siswa sebagai kelompok perlakuan. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney pada taraf signifikasi 5 % karena data tidak mengikuti distribusi normal. Dengan semua nilai p yang diperoleh lebih kecil dari 0,05, hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan dengan metoda ceramah menggunakan benda asli, berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan dan sikap siswa serta kondisi lingkungan di SDN Klodangan dan SDN Berbah I. Kata Kunci : ceramah dengan benda asli, kebersihan jamban sekolah, perilaku membuang sampah di sekolah