PENGGUNAAN BENDA ASLI PADA CERAMAH
UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP
DAN KONDISI LINGKUNGAN
DI SDN KLODANGAN DAN SDN BERBAH I, SLEMAN
PENGGUNAAN BENDA ASLI PADA CERAMAH
UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN, SIKAP
DAN KONDISI LINGKUNGAN
DI SDN KLODANGAN DAN SDN BERBAH I, SLEMAN
poltekkes kemenkes yogyakarta
2016-02-02
en
Article
text
Menjaga kebersihan jamban dan membuang sampah pada tempatnya adalah contoh dari perilaku
hidup bersih dan sehat (PHBS). Perilaku memiliki tiga domain, yaitu pengetahuan, sikap
dan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan benda asli pada
ceramah terhadap pengetahuan dan sikap siswa serta kondisi lingkungan di sekolah yang
terkait dengan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan jamban. Quasi
eksperimen dilakukan dengan menggunakan desain non-equivalent pre-post control-group.
Untuk kelompok perlakuan, penyuluhan disertai dengan penggunaan benda asli, sementara
untuk kelompok kontrol hanya dilakukan ceramah saja. Subyek penelitian adalah seluruh siswa
kelas lima dari SDN Klodangan dan SDN Berbah I, Sleman, dimana SDN Berbah I yang terdiri
dari 30 siswa adalah sebagai kelompok kontrol dan SDN Klodangan yang terdiri dari 34 orang
siswa sebagai kelompok perlakuan. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji non
parametrik Mann-Whitney pada taraf signifikasi 5 % karena data tidak mengikuti distribusi normal.
Dengan semua nilai p yang diperoleh lebih kecil dari 0,05, hasil penelitian menunjukkan
bahwa penyuluhan dengan metoda ceramah menggunakan benda asli, berpengaruh terhadap
perubahan pengetahuan dan sikap siswa serta kondisi lingkungan di SDN Klodangan dan SDN
Berbah I.
Kata Kunci : ceramah dengan benda asli, kebersihan jamban sekolah,
perilaku membuang sampah di sekolah