GAMBARAN PERAN IBU DALAM MEMBIMBING MENYIKAT GIGI DAN STATUS KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SISWA SEKOLAH DASAR

GAMBARAN PERAN IBU DALAM MEMBIMBING MENYIKAT GIGI DAN STATUS KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SISWA SEKOLAH DASAR
2020-04-28
en
Thesis
text
Latar Belakang: Usia 10-12 tahun merupakan masa usia sekolah dasar, pada usia tersebut merupakan periode gigi bercampur, perlunya tindakan yang baik untuk pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Anak usia sekolah masih sangat bergantung pada orang tua dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Saat kemampuan motorik anak belum maksimal, maka peran orang tua sangat diperlukan untuk membantu memelihara kebersihan rongga mulutnya terutama mendampingi dan menyikat gigi sampai anak dapat menerima tanggung jawab secara penuh. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan 100% status kebersihan gigi dan mulut baik dengan arti masih adanya sisa-sisa makanan atau karang gigi yang menempel pada permukaan gigi. Metode: Jenis Penelitian yaitu deskriptif dan desain penelitian menggunakan cross sectional. Penelitian dilakukan di SD N Banyuraden bulan Maret-April 2020 dengan populasi 54 responden. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar kuesioner tentang peran ibu dalam membimbing menyikat gigi dan lembar pemeriksaan gigi dan mulut. Aspek yang diteliti yaitu peran ibu dalam membimbing menyikat gigi dan status kebersihan gigi dan mulut siswa. Data hasil penelitian disajikan dalam distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Hasil penelitian: Peran ibu dalam membimbing menyikat gigi dengan kriteria baik sebanyak 50%. Peran ibu dalam mebimbing menyikat gigi dengan kriteria baik memiliki status kebersihan gigi dan mulut baik pada anak sebanyak 50%. Siswa memiliki status kebersihan gigi dan mulut baik sebanyak 100%. Kesimpulan: Peran ibu dalam membimbing menyikat gigi dengan kriteria baik sebanyak 50% dan anak dengan status kebersihan gigi dan mulut baik sebanyak 100%. Kata kunci: Peran Ibu, Membimbing Menyikat Gigi, Siswa Sekolah Dasar.