PENGARUH PENGGUNAAN POCKET BOOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI

PENGARUH PENGGUNAAN POCKET BOOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI
2020-06-02
en
Thesis
text
Tujuan: Peningkatan pengetahuan gizi dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan kesehatan sangat dipengaruhi oleh faktor media edukasi. Pocket book merupakan pengembangan media yang berupa pesan tertulis yang lebih variatif, menarik, dan memuat gambar yang digunakan dalam edukasi kesehatan. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mendeskripsikan sebuah intervensi yang memanfaatkan pocket book sebagai media edukasi yang dapat mempengaruhi peningkatan pengetahuan gizi serta keefektifan media edukasi pocket book dibandingkan dengan leaflet. Metode: Pencarian database yang digunakan yaitu Google Search dan ResearchGate. Kata kunci pencarian artikel penelitian yaitu buku saku, media edukasi, pendidikan gizi, dan pengetahuan dengan mendapatkan 20 artikel dan hanya 6 artikel yang terpilih. Pemilihan artikel berdasarkan penetapan kriteria inklusi dan ekslusi yaitu menganalisis tujuan, kesesuaian topik, ukuran sampel, metode penelitian, dan hasil penelitian. Hasil dan pembahasan: Literature review menunjukkan bahwa intervensi menggunakan pocket book dapat meningkatkan pengetahuan gizi secara signifikan dan memiliki efektivitas yang lebih tinggi dibanding leaflet. Kesimpuan: Terdapat pengaruh dan efektivitas pocket book sebagai media edukasi terhadap peningkatan pengetahuan gizi dibandingkan dengan leaflet. Kata kunci : Pocket Book, Media Edukasi, Pengetahuan Gizi