GAMBARAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AMONG SIWI GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

GAMBARAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK AMONG SIWI GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA
2019-05-13
en
Thesis
text
Perkembangan anak perlu mendapat perhatian dan perlu dikembangkan secara optimal agar tercapai kondisi yang sebaik-baiknya di masa depan. Salah satu perkembangan anak yang harus dikembangkan adalah motorik halus. Motorik halus sangat mendukung agar seorang anak dapat menulis dengan baik dan mempengaruhi proses belajarnya. Tugas-tugas perkembangan anak usia prasekolah yang belum tercapai diantaranya mewarnai keluar garis, menggunting tidak sesuai pola, menempel gambar belum rapi, kaku memegang krayon, dan menggambar orang belum lengkap. Tujuan dari penelitian ini untuk gambaran perkembangan motorik halus anak usia prasekolah yang berada di TK Among Siwi Gamping Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di TK Among Siwi Gamping Sleman. Pengambilan data dengan menggunakan form DDST II dan peralatan yang dibutuhkan kertas, pensil, dan mainan kubus. Perkembangan motorik halus pada anak usia >4-5 tahun, 33,3% anak berada dalam kategori normal dan 66,6% anak berada dalam kategori lebih/advance. Sedangkan perkembangan motorik halus pada anak usia >5-6 tahun, 94,23% anak berada dalam kategori normal dan 5,77% anak berada dalam kategori caution/peringatan. Mayoritas perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di TK Among Siwi Gamping Sleman berada dalam kategori normal yaitu sebanyak 90,91%. Kata Kunci : Perkembangan, Motorik Halus, Anak Usia Prasekolah