GAMBARAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK
USIA PRA SEKOLAH DI TK AMONG SIWI
GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA
GAMBARAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK
USIA PRA SEKOLAH DI TK AMONG SIWI
GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA
2019-05-13
en
Thesis
text
Perkembangan anak perlu mendapat perhatian dan perlu dikembangkan secara
optimal agar tercapai kondisi yang sebaik-baiknya di masa depan. Salah satu
perkembangan anak yang harus dikembangkan adalah motorik halus. Motorik halus
sangat mendukung agar seorang anak dapat menulis dengan baik dan mempengaruhi
proses belajarnya. Tugas-tugas perkembangan anak usia prasekolah yang belum
tercapai diantaranya mewarnai keluar garis, menggunting tidak sesuai pola,
menempel gambar belum rapi, kaku memegang krayon, dan menggambar orang
belum lengkap. Tujuan dari penelitian ini untuk gambaran perkembangan motorik
halus anak usia prasekolah yang berada di TK Among Siwi Gamping Sleman. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di
TK Among Siwi Gamping Sleman. Pengambilan data dengan menggunakan form
DDST II dan peralatan yang dibutuhkan kertas, pensil, dan mainan kubus.
Perkembangan motorik halus pada anak usia >4-5 tahun, 33,3% anak berada dalam
kategori normal dan 66,6% anak berada dalam kategori lebih/advance. Sedangkan
perkembangan motorik halus pada anak usia >5-6 tahun, 94,23% anak berada dalam
kategori normal dan 5,77% anak berada dalam kategori caution/peringatan.
Mayoritas perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di TK Among Siwi
Gamping Sleman berada dalam kategori normal yaitu sebanyak 90,91%.
Kata Kunci : Perkembangan, Motorik Halus, Anak Usia Prasekolah