HUBUNGAN ANTARA KUALITAS FISIK AIR DAN FASILITAS
SANITASI KOLAM RENANG DENGAN TINGKAT KEPUASAN
PELANGGAN DI KOLAM RENANG YOGYAKARTA
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS FISIK AIR DAN FASILITAS
SANITASI KOLAM RENANG DENGAN TINGKAT KEPUASAN
PELANGGAN DI KOLAM RENANG YOGYAKARTA
2012
en
Thesis
text
Kolam renang merupakan suatu usaha bagi umum yang menyediakan
tempat untuk berenang, berekreasi, berolah raga, serta jasa pelayanan lainnya
yang mengunakan air bersih yang telah diolah (Permenkes No.
061/Menkes/Per/I/1991). Pengelolaan air terdiri dari 3 macam yaitu Flow trough
type, Fill and draw type dan Recirculation type. Dari beberapa kolam renang di
Yogyakarta yang memeberikan izin untuk penelitian adalah kolam renang
Umbang Tirto dengan sistem pengelolaan air Fill and draw type dan kolam
renang Tirta Tamansari dengan pengelolaan air Recirculation type. Pada survei
di kolam renang Umbang Tirto didapatkan data bahwa masih terdapat
pengunjung yang merasa kurang puas dengan fasilitas ruang ganti pakaian dan
air yang terlihat keruh pada hari-hari tertentu, sedangkan di kolam renang Tirta
Tamansari pengunjung sudah merasa cukup puas namun masih mengeluhkan
bau kaporit yang menyengat. Mengingat pentingnya akan kepuasan pelanggan
dalam berenang dan menggunakan fasilitas kolam renang, maka pelayanan
sanitasi perlu ditingkatkan sehingga dapat meningkat jumlah pelanggan kolam
renang.
Metode penelitian observasi dengan pendekatan cross sectional. Lokasi
penelitian di Kolam Renang Umbang Tirta dan Kolam Renang Tirta Tamansari
dengan populasi pelanggan kolam renang 240 pelanggan dan 100 pelanggan.
Sampel penelitian ini sebanyak 60 responden diambil secara Accidental
Sampling. Peneliti mengukur kualitas fisik air dan kualitas fasilitas sanitasi kolam
renang menggunakan cheklist kualitas fisik air dan kualitas fasilitas sanitasi
kolam renang yang merujuk pada peraturan yang ada. Tingkat kepuasan
pelanggan diukur dengan cheklist kepuasan pelanggan. Analisa data
menggunakan uji statistik Chi Square dengan derajat kepercayaan 95% atau α =
0.05.
Hasil uji statistik Chi Square diperoleh p = 0,000 dan α = 0,05 (p < α),
sehingga terdapat hubungan antara kualitas fisik air dengan tingkat kepuasan
pelanggan dan kualitas fasilitas sanitasi kolam renang dengan tingkat kepuasan
pelanggan.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: ada hubungan yang bermakna antara
kualitas fisik air dan kualitas fasilitas sanitasi kolam renang dengan tingkat
kepuasan pelanggan di kolam renang Yogyakarta. Disarankan kepada pengelola
kolam renang lebih memelihara kebersihan fasilitas sanitasi kolam renang,
memperhatikan kelancaran air pancuran bilas, pencahayaan ruang ganti
pakaian, melengkapi tempat sampah berpenutup dan penambahan bak cuci kaki.
Kata Kunci: kualitas fisik air, kualitas fasilitas sanitasi, tingkat kepuasan
pelanggan kolam renang.