HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KEBISINGAN RUANG DENGAN
KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 7
YOGYAKARTA
HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KEBISINGAN RUANG DENGAN
KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 7
YOGYAKARTA
2012
en
Thesis
text
Latar belakang: Kebisingan merupakan suara bunyi yang tidak
dikehendaki manusia yang dapat mengganggu lingkungan dan kesehatan. SMA
Muhammadiyah 7 Yogyakarta salah satu sekolah berada di kota Yogyakarta
dengan intensitas kebisingan yang cukup tinggi karena terletak di dekat jalan
raya. Beberapa siswa mengeluh terganggu konsentrasi belajarnya akibat
kebisingan tersebut.
Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya
hubungan antara intensitas kebisingan ruang dengan konsentrasi belajar siswa di
SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini survei lapangan menggunakan
pendekatan crossectional yang hasilnya dianalisis secarta deskriptif dan analitik.
Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI. Populasi penelitian
berjumlah 18 ruang dengan sampel 5 ruang kelas. Sampel diambil secara acak
dengan metode teknik random sampling kemudian siswa yang menjadi
responden diambil dari 5 kelas tersebut secara acak. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan uji statistik Chi square dengan derajat kepercayaan 95%
(0.05).
Hasil Penelitian: Pengukuran intensitas kebisingan ruang di lima kelas
yaitu kelas X A, X E, X G, XI IPS 2 dan XI IPA 1 terdapat satu ruang yang
memenuhi NAB adalah kelas X E yaitu 59,73 dB sedangkan untuk empat kelas
yang lain melebihi NAB. Konsentrasi belajar siswa yang rendah paling banyak di
kelas XI IPS 2 dengan intensitas kebisingan yang melebihi NAB yaitu 21 siswa
(17,64%). Berdasarkan hasil uji Chi square menunjukkan bahwa nilai p = 0,027
lebih kecil dari α 0,05.
Kesimpulan: Ada hubungan bermakna antara intensitas kebisingan
ruang dengan konsentrasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
Peneliti menyarankan kepada pihak sekolah untuk memasang tirai pada setia
ruang kelas, menanam pohon di halaman dan lingkungan sekitar sekolah,
memberikan peredam suara pada ruang kelas untuk mengurangi kebisingan dari
luar sekolah.
Kata Kunci : Intensitas Kebisingan, Konsentrasi Belajar, Siswa