HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KEBISINGAN RUANG DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KEBISINGAN RUANG DENGAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA
2012
en
Thesis
text
Latar belakang: Kebisingan merupakan suara bunyi yang tidak dikehendaki manusia yang dapat mengganggu lingkungan dan kesehatan. SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta salah satu sekolah berada di kota Yogyakarta dengan intensitas kebisingan yang cukup tinggi karena terletak di dekat jalan raya. Beberapa siswa mengeluh terganggu konsentrasi belajarnya akibat kebisingan tersebut. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya hubungan antara intensitas kebisingan ruang dengan konsentrasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini survei lapangan menggunakan pendekatan crossectional yang hasilnya dianalisis secarta deskriptif dan analitik. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI. Populasi penelitian berjumlah 18 ruang dengan sampel 5 ruang kelas. Sampel diambil secara acak dengan metode teknik random sampling kemudian siswa yang menjadi responden diambil dari 5 kelas tersebut secara acak. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik Chi square dengan derajat kepercayaan 95% (0.05). Hasil Penelitian: Pengukuran intensitas kebisingan ruang di lima kelas yaitu kelas X A, X E, X G, XI IPS 2 dan XI IPA 1 terdapat satu ruang yang memenuhi NAB adalah kelas X E yaitu 59,73 dB sedangkan untuk empat kelas yang lain melebihi NAB. Konsentrasi belajar siswa yang rendah paling banyak di kelas XI IPS 2 dengan intensitas kebisingan yang melebihi NAB yaitu 21 siswa (17,64%). Berdasarkan hasil uji Chi square menunjukkan bahwa nilai p = 0,027 lebih kecil dari α 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan bermakna antara intensitas kebisingan ruang dengan konsentrasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Peneliti menyarankan kepada pihak sekolah untuk memasang tirai pada setia ruang kelas, menanam pohon di halaman dan lingkungan sekitar sekolah, memberikan peredam suara pada ruang kelas untuk mengurangi kebisingan dari luar sekolah. Kata Kunci : Intensitas Kebisingan, Konsentrasi Belajar, Siswa