PENGARUH PENYULUHAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN SIKAP DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PADA SISWA DI SD NEGERI TEMON II ARJOSARI KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR
PENGARUH PENYULUHAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN SIKAP DAN PRAKTIK CUCI TANGAN PADA SISWA DI SD NEGERI TEMON II ARJOSARI KABUPATEN PACITAN JAWA TIMUR
2012-07-09
en
Thesis
text
Latar Belakang : Kebiasaan siswa dalam mencuci tangan pakai sabun hingga kini masih
tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pengetahuan,sikap dan praktik siswa
tentang cuci tangan pakai sabun. Dari data absensi kehadiran Siswa SD Negeri Temon II tahun
ajaran 2011 hingga akhir bulan November diperoleh data ketidakhadiran siswa karena sakit
sebanyak 14 siswa. Sakit yang diderita siswa antara lain batuk, pilek, kecacingan dan juga
diare. Dari uji pendahuluan yang dilakukan kepada 10 siswa didapatkan bahwa 90% siswa
tidak cuci tangan pakai sabun dan 10% sisanya cuci tangan pakai sabun setelah buang air
besar (BAB).
Tujuan Penelitian : Mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan praktik cuci tangan pada
siswa di SD Negeri Temon II Arjosari sebelum dan setelah mendapatkan penyuluhan tentang
cuci tangan pakai sabun.
Variabel Penelitian : Variabel bebas penelitian ini adalah penyuluhan metode ceramah tentang
cuci tangan. Sedangkan variable terikatnya adalah pengetahuan, sikap dan praktik cuci tangan
pakai sabun.
Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasiexperiment)
dengan rancangan One Group pretest-posttest Design. Lokasi Penelitian di SDN
Temon II Arjosari. Populasi sebanyak 103 siswa dengan responden sebanyak 64 siswa yang
diambil menggunakan Teknik Random Sampling. Data diolah menggunakan Uji Wilcoxon Rank
Test dengan taraf signifikan α = 0.05.
Hasil : Berdasarkan Uji Wilcoxon Rank Test diperoleh nilai P =0,000, yang artinya Ada
perbedaan bermakna pengetahuan, sikap dan praktik siswa SDN Temon II sebelum dan
setelah mendapatkan penyuluhan tentang cuci tangan pakai sabun.
Kesimpulan : Ada perbedaan bermakna pengetahuan, sikap dan praktik siswa SDN Temon II
sebelum dan setelah mendapatkan penyuluhan tentang cuci tangan pakai sabun.
Kata Kunci : Penyuluhan, Pengetahuan, Sikap, Praktik, Cuci Tangan Pakai Sabun.