PENGARUH PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN PEMBERIAN LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN PENYAKIT KECACINGAN SISWA SDN PARAKSARI PAKEM SLEMAN TAHUN 2012
PENGARUH PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN PEMBERIAN LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN PENYAKIT KECACINGAN SISWA SDN PARAKSARI PAKEM SLEMAN TAHUN 2012
2012-07-12
en
Thesis
text
Saat ini banyak ditemukan masalah akibat buruknya kesehatan
lingkungan yang dialamai oleh anak-anak sekolah dasar seperti penyakit Diare,
ISPA, Kecacingan, dan DBD. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan dan
pentingnya masalah kesehatan lingkungan. Berdasarkan survey pendahuluan di
Puskesmas Pakem diperoleh hasil 3 siswa SDN Paraksari positif kecacingan dari
108 siswa, dan diperoleh angka kejadian kecacingan sebesar 2,78% dan
sebelumnya belum pernah dilakukan penyuluhan kesehatan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan
pemberian leaflet terhadap perubahan pengetahuan penyakit kecacingan pada
siswa SDN Paraksari Pakem Sleman.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu True Experiment dengan
pendekatan Pre Test-Post Test With Control Group Design. Metode pengambilan
sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Variabel bebasnya
adalah penyuluhan dengan metode ceramah dan pemberian leaflet, dan variabel
terikatnya adalah pengetahuan penyakit kecacingan. Dengan sampel sebanyak
48 siswa dari kelas 3, 4 dan 5 SDN Paraksari.
Dari hasil analisis statistik dengan T-test Terikat menunjukkan nilai pvelue
0,000<0,05 jadi ada pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah
terhadap pengetahuan penyakit kecacingan. Dari hasil analisis statistik dengan
T-test Terikat menunjukkan nilai p-velue 0,000<0,05 jadi ada pengaruh
penyuluhan dengan metode ceramah disertai pemberian leaflet terhadap
pengetahuan penyakit kecacingan. Dari hasil analisis statistik dengan T-test
Bebas menunjukkan nilai p-velue 0,000<0,05 jadi ada perbedaan perubahan
pengetahuan penyakit kecacingan antara siswa yang disuluh dengan metode
ceramah dibandingkan dengan siswa yang disuluh dengan metode leaflet.
Upaya pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan memberikan
penyuluhan kepada para siswa sekolah dengan menggunakan metode ceramah
dan pemberian leaflet. Selain itu juga dapat dilakukan penelitian yang serupa
menggunakan metode lain, misalnya penyuluhan dengan metode diskusi.
Kata Kunci: Penyuluhan, Metode Ceramah, Metode Leaflet, Pengetahuan