PENGARUH PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN PEMBERIAN LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN PENYAKIT KECACINGAN SISWA SDN PARAKSARI PAKEM SLEMAN TAHUN 2012

PENGARUH PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN PEMBERIAN LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN PENYAKIT KECACINGAN SISWA SDN PARAKSARI PAKEM SLEMAN TAHUN 2012
2012-07-12
en
Thesis
text
Saat ini banyak ditemukan masalah akibat buruknya kesehatan lingkungan yang dialamai oleh anak-anak sekolah dasar seperti penyakit Diare, ISPA, Kecacingan, dan DBD. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan dan pentingnya masalah kesehatan lingkungan. Berdasarkan survey pendahuluan di Puskesmas Pakem diperoleh hasil 3 siswa SDN Paraksari positif kecacingan dari 108 siswa, dan diperoleh angka kejadian kecacingan sebesar 2,78% dan sebelumnya belum pernah dilakukan penyuluhan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan pemberian leaflet terhadap perubahan pengetahuan penyakit kecacingan pada siswa SDN Paraksari Pakem Sleman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu True Experiment dengan pendekatan Pre Test-Post Test With Control Group Design. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Variabel bebasnya adalah penyuluhan dengan metode ceramah dan pemberian leaflet, dan variabel terikatnya adalah pengetahuan penyakit kecacingan. Dengan sampel sebanyak 48 siswa dari kelas 3, 4 dan 5 SDN Paraksari. Dari hasil analisis statistik dengan T-test Terikat menunjukkan nilai pvelue 0,000<0,05 jadi ada pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah terhadap pengetahuan penyakit kecacingan. Dari hasil analisis statistik dengan T-test Terikat menunjukkan nilai p-velue 0,000<0,05 jadi ada pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah disertai pemberian leaflet terhadap pengetahuan penyakit kecacingan. Dari hasil analisis statistik dengan T-test Bebas menunjukkan nilai p-velue 0,000<0,05 jadi ada perbedaan perubahan pengetahuan penyakit kecacingan antara siswa yang disuluh dengan metode ceramah dibandingkan dengan siswa yang disuluh dengan metode leaflet. Upaya pencegahan penyakit dapat dilakukan dengan memberikan penyuluhan kepada para siswa sekolah dengan menggunakan metode ceramah dan pemberian leaflet. Selain itu juga dapat dilakukan penelitian yang serupa menggunakan metode lain, misalnya penyuluhan dengan metode diskusi. Kata Kunci: Penyuluhan, Metode Ceramah, Metode Leaflet, Pengetahuan