KESESUAIAN STATUS ERGONOMI MEJA DAN KURSI DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL

KESESUAIAN STATUS ERGONOMI MEJA DAN KURSI DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 NGAWEN GUNUNGKIDUL
2014
en
Thesis
other
Meja dan kursi tidak ergonomi disebabkan karena ukuran anthropometri tubuh tidak sesuai dengan ukuran meja kursi yang digunakan. Siswa yang menggunakan meja kursi tersebut dapat mengalami keluhan pada tulang belakang yang mengakibatkan ketidaknyamanan dan kelelahan dalam belajar. Hal tersebut dapat meyebabkan menurunnya konsentrasi belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah diketahuinya hubungan status ergonomi meja kursi dengan konsentrasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngawen, Gunungkidul. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan Cross Sectional penelitian dilakukan 9-21 Juli 2014. Lokasi penelitian di SMP N 1 Ngawen Gunungkidul. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A, VII C, VIII A, dan VIII G sebanyak 125 orang. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran anthropometri tubuh siswa, pengukuran meja, pengukuran kursi, pengukuran konsentrasi belajar, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi konsentrasi belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dimana status ergonomi meja dan kursi dijelaskan dengan mengacu ukuran anthropometri tubuh. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil sebanyak 125 siswa berstatus tidak ergonomi dengan rincian 2 meja ergonomi (3,07 %), 63 meja tidak ergonomi (96,93 %), 34 kursi ergonomi (27,2 %), dan 91 kursi dinyatakan tidak ergonomi (72,8 %). Sedangkan untuk konsentrasi belajar sebanyak 87 siswa (69,6 %) memiliki konsentrasi baik dan 38 siswa (30,4 %) memiliki konsentrasi buruk. Kata kunci : Anthropometri, tingkat ergonomi meja kursi, tingkat konsentrasi belajar