KESESUAIAN STATUS ERGONOMI MEJA DAN KURSI DENGAN
TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 1
NGAWEN GUNUNGKIDUL
KESESUAIAN STATUS ERGONOMI MEJA DAN KURSI DENGAN
TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA NEGERI 1
NGAWEN GUNUNGKIDUL
2014
en
Thesis
other
Meja dan kursi tidak ergonomi disebabkan karena ukuran anthropometri
tubuh tidak sesuai dengan ukuran meja kursi yang digunakan. Siswa yang
menggunakan meja kursi tersebut dapat mengalami keluhan pada tulang
belakang yang mengakibatkan ketidaknyamanan dan kelelahan dalam belajar.
Hal tersebut dapat meyebabkan menurunnya konsentrasi belajar. Tujuan dalam
penelitian ini adalah diketahuinya hubungan status ergonomi meja kursi dengan
konsentrasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Ngawen,
Gunungkidul.
Jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan Cross
Sectional penelitian dilakukan 9-21 Juli 2014. Lokasi penelitian di SMP N 1
Ngawen Gunungkidul. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A, VII C, VIII A,
dan VIII G sebanyak 125 orang. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran
anthropometri tubuh siswa, pengukuran meja, pengukuran kursi, pengukuran
konsentrasi belajar, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi konsentrasi
belajar.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif dimana status ergonomi
meja dan kursi dijelaskan dengan mengacu ukuran anthropometri tubuh. Dari
penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil sebanyak 125 siswa berstatus
tidak ergonomi dengan rincian 2 meja ergonomi (3,07 %), 63 meja tidak
ergonomi (96,93 %), 34 kursi ergonomi (27,2 %), dan 91 kursi dinyatakan tidak
ergonomi (72,8 %). Sedangkan untuk konsentrasi belajar sebanyak 87 siswa
(69,6 %) memiliki konsentrasi baik dan 38 siswa (30,4 %) memiliki konsentrasi
buruk.
Kata kunci : Anthropometri, tingkat ergonomi meja kursi, tingkat konsentrasi
belajar