PENGARUH PENYULUHAN DAN PELATIHAN CUCI TANGAN TERHADAP
PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK MENCUCI TANGAN SISWA SD
NEGERI SENDANGHARJO MINGGIR SLEMAN
PENGARUH PENYULUHAN DAN PELATIHAN CUCI TANGAN TERHADAP
PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK MENCUCI TANGAN SISWA SD
NEGERI SENDANGHARJO MINGGIR SLEMAN
2014
en
Thesis
text
Menurut DEPKES 2007, mencuci tangan adalah proses yang secara
mekanis melepaskan kotoran dan debu dari kulit tangan dengan menggunakan
sabun dan air. Penyuluhan kesehatan adalah kegiatan pendidikan kesehatan,
yang dilakukan dengan menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan, sehingga
masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau danbisa
melakukan anjuran yang ada hubunganya dengan kesehatan.Salah satu metode
yang dapat digunakan dalam penyuluhan kesehatan adalah metode ceramah.
Metode ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk meningkatkan
pengetahuan. Karena metode ceramah baik untuk sasaran yang berpendidikan
tinggi maupun rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penyuluhan dan pelatihan cuci tangan terhadap pengetahuan,sikap dan praktik
mencuci tangan Siswa SD Negeri Sendangharjo .
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat experimen semu (quasi
eksperimen) dengan desain pendekatan Pre-Posttest With Control Group
Design, yang hasilnya akan di analisis secara anaitik menggunakan Uji T-test
Bebas di peroleh dengan taraf signifikan (α) = 0,05.
Hasil penelitian berdasarkan uji T-test Bebas diperoleh nilai pengetahuan
Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dimana < 0,05 yang artinya ada pengaruh
yang bermakna penyuluhan dan pelatihan cuci tangan terhadap pengetahuan
siswa di SD Negeri Sendangharjo. Nilai sikap Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar
0,000 dimana < 0,05 yang artinya ada pengaruh yang bermakna penyuluhan dan
pelatihan cuci tangan terhadap sikap siswa di SD Negeri Sendangharjo, untuk
nilai praktik Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 dimana < 0,05 yang artinya ada
pengaruh yang bermakna penyuluhan dan pelatihan cuci tangan terhadap praktik
siswa di SD Negeri Sendangharjo.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh penyuluhan dan
pelatihan cuci tangan terhadap pengetahuan,sikap dan praktik mencuci tangan
Siswa SD Negeri Sendangharjo . Disarankan siswa mampu menggerakan dan
memberikan informasi kepada teman-temannya atau keluarga untuk
menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap dan Praktik, Penyuluhan dan Pelatihan Cuci
Tangan.