PENGARUH PENYULUHAN DAN PELATIHAN CUCI TANGAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK MENCUCI TANGAN SISWA SD NEGERI SENDANGHARJO MINGGIR SLEMAN

PENGARUH PENYULUHAN DAN PELATIHAN CUCI TANGAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK MENCUCI TANGAN SISWA SD NEGERI SENDANGHARJO MINGGIR SLEMAN
2014
en
Thesis
text
Menurut DEPKES 2007, mencuci tangan adalah proses yang secara mekanis melepaskan kotoran dan debu dari kulit tangan dengan menggunakan sabun dan air. Penyuluhan kesehatan adalah kegiatan pendidikan kesehatan, yang dilakukan dengan menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan, sehingga masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau danbisa melakukan anjuran yang ada hubunganya dengan kesehatan.Salah satu metode yang dapat digunakan dalam penyuluhan kesehatan adalah metode ceramah. Metode ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk meningkatkan pengetahuan. Karena metode ceramah baik untuk sasaran yang berpendidikan tinggi maupun rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dan pelatihan cuci tangan terhadap pengetahuan,sikap dan praktik mencuci tangan Siswa SD Negeri Sendangharjo . Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat experimen semu (quasi eksperimen) dengan desain pendekatan Pre-Posttest With Control Group Design, yang hasilnya akan di analisis secara anaitik menggunakan Uji T-test Bebas di peroleh dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Hasil penelitian berdasarkan uji T-test Bebas diperoleh nilai pengetahuan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 dimana < 0,05 yang artinya ada pengaruh yang bermakna penyuluhan dan pelatihan cuci tangan terhadap pengetahuan siswa di SD Negeri Sendangharjo. Nilai sikap Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dimana < 0,05 yang artinya ada pengaruh yang bermakna penyuluhan dan pelatihan cuci tangan terhadap sikap siswa di SD Negeri Sendangharjo, untuk nilai praktik Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 dimana < 0,05 yang artinya ada pengaruh yang bermakna penyuluhan dan pelatihan cuci tangan terhadap praktik siswa di SD Negeri Sendangharjo. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh penyuluhan dan pelatihan cuci tangan terhadap pengetahuan,sikap dan praktik mencuci tangan Siswa SD Negeri Sendangharjo . Disarankan siswa mampu menggerakan dan memberikan informasi kepada teman-temannya atau keluarga untuk menjalankan usaha kesehatan terhadap dirinya masing-masing. Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap dan Praktik, Penyuluhan dan Pelatihan Cuci Tangan.