PENGGUNAAN BENDA ASLI PADA CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN,
SIKAP, KONDISI LINGKUNGAN DI SDN KLODANGAN DAN
SDN BERBAH I, SLEMAN
PENGGUNAAN BENDA ASLI PADA CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN,
SIKAP, KONDISI LINGKUNGAN DI SDN KLODANGAN DAN
SDN BERBAH I, SLEMAN
2015
en
Thesis
text
Menjaga kebersihan jamban dan membuang sampah pada tempatnya adalah
contoh dari perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku memiliki 3 domain, yaitu
pengetahuan, sikap dan tindakan.siswa di SDN Klodangan memiliki pola membuang
sampah 70 % tidak membuang sampah pada tempatnya dan 80% tidak menjaga
kebersihan jamban. Siswa di SDN Berbah I memiliki pola membuang sampah 60%
tidak pada tempatnya dan 40% tidak menjaga kebersihan jamban di sekolah. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan benda asli pada
ceramah terhadap pengetahuan, sikap siswa dan kondisi lingkungan di sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen
dengan not ekuivalent pre post control grup design. Lokasi penelitian ini di SDN
Klodangan dan SDN Berbah I, Sleman. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas
5 dari masing-masing sekolah dasar. Untuk mengetahui nilai pengetahuan, sikap dan
kondisi lingkungan sebelum dan setelah diberikan perlakuan berdistribusi normal,
data di test dengan uji Wilcoxson dengan taraf signifikasi 5% dan untuk mengetahui
perbedaan nilai pengetahuan, sikap dan kondisi lingkungan setelah diberikan
ceramah menggunakan benda asli dan ceramah tanpa disertai benda asli di test
dengan T-test Bebas apabila data terdistribusi normal, dan uji Mann Withney apabila
data terdistribusi tidak normal dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil dari uji Mann Withney adalah nilai asimp.sig < 0,05 artinya adalah ada
pengaruh penggunaan benda asli pada ceramah terhadap perubahan pengetahuan,
sikap dan kondisi lingkungan di SDN Klodangan dan SDN Berbah I, Sleman,
Yogyakarta. Setelah di uji menggunakan uji Mann Withney diperoleh hasil bahwa ada
perbedaan pengetahuan, sikap dan kondisi lingkungan tentang membuang sampah
pada tempatnya dan menjaga kebersihan jamban antara kelompok ceramah dan
ceramah yang disertai benda asli. Kelompok ceramah yang disertai benda asli
mendapatkan peningkatan yang lebih pada nilai pengetahuan, sikap dan kondisi
lingkungan. Siswa kelas 5 di SDN Klodangan dan SDN Berbah I disarankan untuk
menerapkan dan mendiskusikan materi kepada teman teman lainya untuk menjaga
kebersihan lingkungan dan kebersihan diri. Guru pendidikan jasmani disarankan
untuk mengalokasikan waktu untuk mengulangi pelajaran tentang membuang
sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan jamban.
Kata Kunci : Siswa, Ceramah, Jamban di Sekolah, Membuang Sampah di
Sekolah, Benda Asli