PENGGUNAAN BENDA ASLI PADA CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, KONDISI LINGKUNGAN DI SDN KLODANGAN DAN SDN BERBAH I, SLEMAN

PENGGUNAAN BENDA ASLI PADA CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, KONDISI LINGKUNGAN DI SDN KLODANGAN DAN SDN BERBAH I, SLEMAN
2015
en
Thesis
text
Menjaga kebersihan jamban dan membuang sampah pada tempatnya adalah contoh dari perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku memiliki 3 domain, yaitu pengetahuan, sikap dan tindakan.siswa di SDN Klodangan memiliki pola membuang sampah 70 % tidak membuang sampah pada tempatnya dan 80% tidak menjaga kebersihan jamban. Siswa di SDN Berbah I memiliki pola membuang sampah 60% tidak pada tempatnya dan 40% tidak menjaga kebersihan jamban di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan benda asli pada ceramah terhadap pengetahuan, sikap siswa dan kondisi lingkungan di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan not ekuivalent pre post control grup design. Lokasi penelitian ini di SDN Klodangan dan SDN Berbah I, Sleman. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 5 dari masing-masing sekolah dasar. Untuk mengetahui nilai pengetahuan, sikap dan kondisi lingkungan sebelum dan setelah diberikan perlakuan berdistribusi normal, data di test dengan uji Wilcoxson dengan taraf signifikasi 5% dan untuk mengetahui perbedaan nilai pengetahuan, sikap dan kondisi lingkungan setelah diberikan ceramah menggunakan benda asli dan ceramah tanpa disertai benda asli di test dengan T-test Bebas apabila data terdistribusi normal, dan uji Mann Withney apabila data terdistribusi tidak normal dengan taraf signifikansi 5%. Hasil dari uji Mann Withney adalah nilai asimp.sig < 0,05 artinya adalah ada pengaruh penggunaan benda asli pada ceramah terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan kondisi lingkungan di SDN Klodangan dan SDN Berbah I, Sleman, Yogyakarta. Setelah di uji menggunakan uji Mann Withney diperoleh hasil bahwa ada perbedaan pengetahuan, sikap dan kondisi lingkungan tentang membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan jamban antara kelompok ceramah dan ceramah yang disertai benda asli. Kelompok ceramah yang disertai benda asli mendapatkan peningkatan yang lebih pada nilai pengetahuan, sikap dan kondisi lingkungan. Siswa kelas 5 di SDN Klodangan dan SDN Berbah I disarankan untuk menerapkan dan mendiskusikan materi kepada teman teman lainya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri. Guru pendidikan jasmani disarankan untuk mengalokasikan waktu untuk mengulangi pelajaran tentang membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan jamban. Kata Kunci : Siswa, Ceramah, Jamban di Sekolah, Membuang Sampah di Sekolah, Benda Asli