HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENCAHAYAAN DAN PENATAAN
KAMAR DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR DI RUMAH
KOS PUTRI KAJOR, NOGOTIRTO, GAMPING,
SLEMAN, YOGYAKARTA
HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENCAHAYAAN DAN PENATAAN
KAMAR DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR DI RUMAH
KOS PUTRI KAJOR, NOGOTIRTO, GAMPING,
SLEMAN, YOGYAKARTA
2014
en
Thesis
text
Kos atau rumah kos merupakan rumah yang menyewakan kamar yang
digunakan untuk tinggal sementara yang bayarannya perbulan atau pertahun.
Bagi mahasiswa yang merantau rumah kos merupakan rumah kedua karena
segala jenis kegiatan dilakukan didalam kamar khususnya dalam mengerjakan
tugas-tugasnya yang membutuhkan konsentrasi dalam belajar. Berdasarkan
survey pendahuluan rumah kos putri yang berada di belakang kampus Poltekkes
Kemenkes didapatkan hasil rata-rata pencahayaan 24,81 lux dan saat dilakukan
pengamatan sebagian besar penataan di kamar rumah kos putri tersebut kurang
tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas
pencahayaan dan penataan kamar dengan tingkat konsentrasi belajar di rumah
kos putri Kajor, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta.
Metode penelitiannya yakni survey dengan pendekatan cross sectional.
Lokasi penelitian di kamar rumah kos yang terletak di Padukuhan Kajor RT 02
RW 01 Jalan Godean KM.4, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta dengan
responden 60 orang dari 60 kamar. Variabel bebas penelitian ini adalah
intensitas pencahayaan dan penataan kamar sedangkan variabel terikatnya
adalah konsentrasi belajar. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Korelasi
Rank Spearman dengan taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan pencahayaan yang memenuhi syarat 28
kamar (46,7%) dan tidak memenuhi syarat 32 kamar (53,3%), penataan kamar
yang baik 29 kamar (48,3%) dan penataan kamar buruk 31 kamar (51,7%) dan
responden yang memiliki konsentrasi baik 25 orang (41,7%) dan 35 responden
(58,3%) yang memiliki konsentrasi buruk. Kesimpulan dari penelitian ini
menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara intensitas
pencahayaan dengan tingkat konsentrasi belajar dengan nilai p = 0,000 dan ada
hubungan yang bermakna antara penataan kamar dengan tingkat konsentrasi
belajar dengan nilai p = 0,000.
Kata Kunci : intensitas pencahayaan, penataan kamar, konsentrasi belajar,
rumah kos putri