PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN “ULAR TANGGA ANAK SEHAT” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SD NEGERI DI KUTOARJO PURWOREJO

PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN “ULAR TANGGA ANAK SEHAT” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SD NEGERI DI KUTOARJO PURWOREJO
2014
en
Thesis
text
Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari tujuan untuk menjadi bersih. Praktik mencuci tangan dengan sabun perlu diterapkan sejak usia dini sebagai upaya mencegah penularan penyakit berbasis lingkungan. Salah satu kelompok sasaran utama praktik CTPS adalah anak sekolah, karena termasuk kelompok sekunder yang tidak kalah pentingnya dalam keberhasilan penyampaian pesan CTPS. Penyuluhan pada dasarnya merupakan proses komunikasi dan proses perubahan perilaku melalui pendidikan, sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal ketika penggunaan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan sasaran. Salah satu contoh media pembelajaran siswa sekolah dasar adalah permainan ular tangga yang berfungsi untuk mempermudah di dalam penerimaan pesan kesehatan bagi anak-anak karena mengambil konsep permainan. Keberhasilan suatu penyuluhan yang dilakukan nantinya dapat dilihat dari adanya peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang pentingnya cuci tangan memakai sabun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan “Ular Tangga Anak Sehat” sebagai media pembelajaran terhadap peningkatan pengetahuan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun siswa SDN di Kutoarjo, Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat experimen semu (quasi eksperiment) dengan desain Pre-test Post-test with control group design dan menggunakan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas IV dan V di SD Negeri Suren dan 30 siswa kelas IV dan V di SD Negeri Blimbing, yang hasilnya di analisis menggunakan Uji Mann-Whitney dengan taraf signifikansi (α) = 0,05. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh yang bermakna penggunaan permainan “Ular Tangga Anak Sehat” pada siswa di SD Negeri Suren sebagai kelompok perlakuan dibandingkan dengan siswa SD Negeri Blimbing sebagai kelompok kontrol dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau p value = 0,000 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan permainan “Ular Tangga Anak Sehat” sebagai media pembelajaran terhadap peningkatan pengetahuan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun siswa SDN di Kutoarjo, Purworejo. Kata Kunci : Ular Tangga Anak Sehat, Pengetahuan, Cuci Tangan Pakai Sabun.