PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN “ULAR TANGGA ANAK
SEHAT” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP
PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG CUCI
TANGAN PAKAI SABUN SISWA SD NEGERI
DI KUTOARJO PURWOREJO
PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN “ULAR TANGGA ANAK
SEHAT” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP
PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG CUCI
TANGAN PAKAI SABUN SISWA SD NEGERI
DI KUTOARJO PURWOREJO
2014
en
Thesis
text
Mencuci tangan adalah salah satu tindakan sanitasi dengan
membersihkan tangan dan jari jemari tujuan untuk menjadi bersih. Praktik
mencuci tangan dengan sabun perlu diterapkan sejak usia dini sebagai upaya
mencegah penularan penyakit berbasis lingkungan. Salah satu kelompok
sasaran utama praktik CTPS adalah anak sekolah, karena termasuk kelompok
sekunder yang tidak kalah pentingnya dalam keberhasilan penyampaian pesan
CTPS. Penyuluhan pada dasarnya merupakan proses komunikasi dan proses
perubahan perilaku melalui pendidikan, sehingga dapat mencapai hasil yang
maksimal ketika penggunaan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan
dengan sasaran. Salah satu contoh media pembelajaran siswa sekolah dasar
adalah permainan ular tangga yang berfungsi untuk mempermudah di dalam
penerimaan pesan kesehatan bagi anak-anak karena mengambil konsep
permainan. Keberhasilan suatu penyuluhan yang dilakukan nantinya dapat dilihat
dari adanya peningkatan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang pentingnya
cuci tangan memakai sabun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan permainan “Ular Tangga Anak Sehat” sebagai media pembelajaran
terhadap peningkatan pengetahuan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun siswa
SDN di Kutoarjo, Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat experimen semu (quasi
eksperiment) dengan desain Pre-test Post-test with control group design dan
menggunakan subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas IV dan V di SD Negeri
Suren dan 30 siswa kelas IV dan V di SD Negeri Blimbing, yang hasilnya di
analisis menggunakan Uji Mann-Whitney dengan taraf signifikansi (α) = 0,05.
Hasil penelitian menyatakan bahwa ada pengaruh yang bermakna
penggunaan permainan “Ular Tangga Anak Sehat” pada siswa di SD Negeri
Suren sebagai kelompok perlakuan dibandingkan dengan siswa SD Negeri
Blimbing sebagai kelompok kontrol dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) atau p
value = 0,000 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh
penggunaan permainan “Ular Tangga Anak Sehat” sebagai media pembelajaran
terhadap peningkatan pengetahuan tentang Cuci Tangan Pakai Sabun siswa
SDN di Kutoarjo, Purworejo.
Kata Kunci : Ular Tangga Anak Sehat, Pengetahuan, Cuci Tangan Pakai Sabun.