HUBUNGAN KEADAAN FASILITAS SANITASI DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG DI PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2014

HUBUNGAN KEADAAN FASILITAS SANITASI DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG DI PUSKESMAS KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2014
2014
en
Thesis
text
Pelayanan kesehatan yang bermutu merujuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan dalam menimbulkan kepuasan pada diri setiap pasien. Puskesmas dituntut untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sehingga pelayanan yang diberikan mampu memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat serta mampu memberikan kepuasan. Kepuasaan pengunjung dapat menjadi bahan penilaian terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Kepuasan pengunjung salah satunya dipengaruhi kenyamanan pada fasilitas sanitasi. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian bertujuan mengetahui adanya hubungan keadaan fasilitas sanitasi dengan kepuasan pengunjung di Puskesmas Kota Yogyakarta tahun 2014. Penelitian ini bersifat survei dengan menggunakan pendekatan cross sectional yang hasilnya di uji menggunakan korelasi pearson product moment dengan taraf signifikan 5%. Sampel diambil menggunakan metode non probability sampling di 6 puskesmas (3 Puskesmas Non ISO dan 3 ISO ) dengan 90 sampel responden yang menggunakan fasilitas sanitasi. Terdapat hubungan bermakna antara keadaan fasilitas sanitasi dengan kepuasan pengunjung dengan nilai p 0.037 yang berarti p< 0,050. Nilai korelasi dari penelitian ini dengan nilai r =0,22 yang merupakan korelasi lemah. Hasil yang didapatkan dari penelitian terhadap 6 Puskesmas kota Yogyakarta adalah 4 Puskesmas (66.7%) yang diteliti merupakan Puskesmas yang memiliki kondisi fasilitas sedang, akan tetapi dari 90 responden yang diteliti sebagian besar 46 responden (56.6%) menyatakan tidak puas terhadap kondisi fasilitas sanitasi yang disediakan oleh Puskesmas. Berdasarkan hal tersebut, Puskemas dapat melakukan perbaikan fasilitas sanitasi agar tingkat kepuasaan pengunjung meningkat. KATA KUNCI: pelayanan kesehatan, kepuasaan pengunjung, keadaan fasilitas sanitasi