HUBUNGAN KEADAAN FASILITAS SANITASI DENGAN
KEPUASAN PENGUNJUNG DI PUSKESMAS KOTA
YOGYAKARTA TAHUN 2014
HUBUNGAN KEADAAN FASILITAS SANITASI DENGAN
KEPUASAN PENGUNJUNG DI PUSKESMAS KOTA
YOGYAKARTA TAHUN 2014
2014
en
Thesis
text
Pelayanan kesehatan yang bermutu merujuk pada tingkat kesempurnaan
pelayanan kesehatan dalam menimbulkan kepuasan pada diri setiap pasien.
Puskesmas dituntut untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam memberikan
pelayanan kepada masyarakat sehingga pelayanan yang diberikan mampu
memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan masyarakat serta mampu
memberikan kepuasan. Kepuasaan pengunjung dapat menjadi bahan penilaian
terhadap unsur pelayanan yang masih perlu perbaikan dan menjadi pendorong
untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Kepuasan pengunjung salah
satunya dipengaruhi kenyamanan pada fasilitas sanitasi. Berdasarkan uraian
tersebut, penelitian bertujuan mengetahui adanya hubungan keadaan fasilitas
sanitasi dengan kepuasan pengunjung di Puskesmas Kota Yogyakarta tahun
2014.
Penelitian ini bersifat survei dengan menggunakan pendekatan cross
sectional yang hasilnya di uji menggunakan korelasi pearson product moment
dengan taraf signifikan 5%. Sampel diambil menggunakan metode non
probability sampling di 6 puskesmas (3 Puskesmas Non ISO dan 3 ISO ) dengan
90 sampel responden yang menggunakan fasilitas sanitasi.
Terdapat hubungan bermakna antara keadaan fasilitas sanitasi dengan
kepuasan pengunjung dengan nilai p 0.037 yang berarti p< 0,050. Nilai korelasi
dari penelitian ini dengan nilai r =0,22 yang merupakan korelasi lemah. Hasil
yang didapatkan dari penelitian terhadap 6 Puskesmas kota Yogyakarta adalah 4
Puskesmas (66.7%) yang diteliti merupakan Puskesmas yang memiliki kondisi
fasilitas sedang, akan tetapi dari 90 responden yang diteliti sebagian besar 46
responden (56.6%) menyatakan tidak puas terhadap kondisi fasilitas sanitasi
yang disediakan oleh Puskesmas. Berdasarkan hal tersebut, Puskemas dapat
melakukan perbaikan fasilitas sanitasi agar tingkat kepuasaan pengunjung
meningkat.
KATA KUNCI: pelayanan kesehatan, kepuasaan pengunjung, keadaan fasilitas
sanitasi