FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU
MENCUCI TANGAN YANG BENAR PADA SISWA SD DEMAKIJO II
GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU
MENCUCI TANGAN YANG BENAR PADA SISWA SD DEMAKIJO II
GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA
2014
en
Thesis
text
Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu cara yang paling efektif
untuk mencegah penyakit diare dan ISPA. Sebagian masyarakat mengetahui
akan pentingnya mencuci tangan pakai sabun, namun dalam kenyataannya
masih sangat sedikit(hanya 5%) yang tahu bagaimana cara melakukannya
dengan benar. Hal ini sangat penting untuk di ajarkan kepada siswa agar bisa
mencegah resiko penyakit (Siswanto, 2009).
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Faktor – faktor yang berhubungan
dengan perilaku mencuci tangan yang benar pada siswa SD Demakijo II
Gamping, Sleman, Yogyakarta.
Jenis penelitian ini survey analitik dengan rancangan Cross Sectional,
yaitu untuk mendapatkan gambaran keadaan secara objektif dalam waktu
bersamaan. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV, V dan VI SD Demakijo II,
Gamping, Sleman, Yogyakarta. Sampel yang diambil berjumlah 103 responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa yang mempunyai perilaku mencuci
tangan dengan benar adalah 94,1%, pengetahuan tinggi adalah 86,4%, sikap
mencuci tangan dengan benar adalah 97,1%, jumlah responden laki-laki lebih
banyak yaitu 58,3%. Uji Korelasi Rank Spearman dengan taraf signifikan 95%
didapatkan hasil tingkat pengetahuan dengan perilaku mencuci tangan yang
benar yaitu p = 0,02, sikap dengan perilaku mencuci tangan yang benar yaitu
p = 0,00, dan jenis kelamin siswa dengan perilaku mencuci tangan yang benar
yaitu p 0,00.
Kesimpulan yaitu ada hubungan antara faktor tingkat pengetahuan, sikap
dan jenis kelamin siswa dengan perilaku mencuci tangan yang benar pada siswa
SD Demakijo II, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Dari hasil penelitian ini
diharapkan bagi guru sekolah sebaiknya lebih banyak memberikan pengarahan
dan intervensi kepada muridnya untuk melakukan cuci tangan secara benar.
Kepustakaan : 18 unit (2003-2013)
Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku.