PERBEDAAN METODE PENYULUHAN DENGAN LEAFLET DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA SD DALAM PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN

PERBEDAAN METODE PENYULUHAN DENGAN LEAFLET DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA SD DALAM PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN
2015
en
Thesis
text
Makanan jajanan merupakan bagian tidak terpisahkan dari kehidupan anak sekolah dasar. Semakin beragamnya jenis makanan jajanan yang menarik dan ditawarkan dengan harga yang murah di sekolah menuntut siswa SD untuk lebih selektif dalam memilih makanan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Nugraheni (2013) bahwa makanan jajanan yang ada di SDN Pujokusuman 1 yaitu sosis positif mengandung formalin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan metode penyuluhan dengan media leaflet dan video terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa SD dalam pemilihan makanan jajanan di SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Pre-Post Test With Control Group Design. Data yang diperoleh diuji terlebih dahulu dengan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov, karena data yang didapat normal maka diuji statistik menggunakan T-Test bebas dengan taraf signifikan α = 0,05. Jumlah sampel keseluruhan 169 orang yang terdiri dari kelas 4 dan 5. Sampel yang digunakan kelompok kontrol sebanyak 56 orang, kelompok leaflet sebanyak 57 orang, dan kelompok video sebanyak 57 orang. Pemilihan kelas 4 dan 5 sebagai sampel karena pada kelas tersebut siswanya sudah dapat membaca, menulis, dan dapat menerima informasi dengan baik. Hasil uji statistik T-Test Bebas diperoleh nilai p value = 0,000 yang berarti ada perbedaan metode penyuluhan dengan media leaflet dan video terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku responden. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada perbedaan pengetahuan siswa setelah dilakukan penyuluhan dengan media leaflet dan video, ada perbedaan sikap siswa setelah dilakukan penyuluhan dengan media leaflet dan video, serta ada perbedaan perilaku siswa setelah dilakukan penyuluhan dengan media leaflet dan video. Saran dari penelitian ini yaitu penyuluhan dengan media video dapat digunakan sebagai alternatif metode penyuluhan kepada siswa sekolah dasar sehingga siswa dapat memilih makanan jajanan yang sehat Kata Kunci : makanan jajanan, pengetahuan, sikap, perilaku, penyuluhan dengan leaflet dan video