TINGKAT KEPUASAN PEMAKAI TOILET DI TERMINAL
GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2016
TINGKAT KEPUASAN PEMAKAI TOILET DI TERMINAL
GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2016
2016-08-04
en
Thesis
text
Permasalahan sanitasi tempat umum merupakan suatu hal yang penting untuk dikaji
dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut mengingat masih adanya permasalahan
dibidang kesehatan terkait dengan sanitasi di tempat umum. Maka dari itu perlu dilakukan
upaya melindungi, memelihara dan mewujudkan lingkungan yang sehat pada terminal
Giwangan sebagai sarana dan bangunan umum. Upaya yang dapat dilakukan adalah
dengan berbagai upaya pengendalian faktor resiko penyebab timbulnya penyakit, yaitu
salah satunya dengan melakukan inspeksi pada terminal khususnya sanitasi toilet. Dari
hasil pengalaman sebelumnya menggunakan toilet di terminal bus yang kondisinya
kurang bersih dan bau sehingga peneliti ingin mengetahui lebih detail kondisi fasilitas
toilet di Terminal Giwangan Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi
fasilitas sanitasi toilet dengan kepuasan pemakai toilet di terminal Giwangan Yogyakarta.
Penelitian ini adalah survey dan observasi dengan pendekatan kualitatif dengan deskripsi
atau pengumpulan data mengenai kondisi fasilitas sanitasi toilet. Populasi dalam
penelitian ini adalah pengunjung yang menggunakan toilet di Terminal Giwangan
Yogyakarta 09.00-16.00 WIB. Sampel yang ada dalam penelitian ini adalah pengguna
toilet yang ada di Terminal Giwangan Yogyakarta, dan mau dilibatkan untuk menjadi
responden. Sampel diambil dengan metoda (insidental sampling) teknik pengumpulan
sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu
dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan
ditemui itu cocok sebagai sumber data. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat
disimpulkan bahwa keadaan kondisi fasilitas sanitasi toilet di Terminal Giwangan
Yogakarta yang laik sehat berjumlah sembilan toilet (75%) dan tingkat kepuasan pemakai
toilet di Terminal Giwangan Yogyakarta yang berkategorikan puas 60 orang (62,5%).
Saran bagi pengelola UPT Terminal Giwangan melakukan penyuluhan tentang baku mutu
kondisi sanitasi toilet kepada pihak ketiga, agar sanitasi tempat umum khususnya di
terminal menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bagi penjaga toilet Untuk toilet yang sudah
laik sehat supaya menjaga sanitasinya agar tetap laik sehat.
Kata Kunci : Kondisi Fasilitas Sanitasi Toilet, Kepuasan Pemakai Toilet