TINGKAT KEPUASAN PEMAKAI TOILET DI TERMINAL GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2016

TINGKAT KEPUASAN PEMAKAI TOILET DI TERMINAL GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2016
2016-08-04
en
Thesis
text
Permasalahan sanitasi tempat umum merupakan suatu hal yang penting untuk dikaji dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut mengingat masih adanya permasalahan dibidang kesehatan terkait dengan sanitasi di tempat umum. Maka dari itu perlu dilakukan upaya melindungi, memelihara dan mewujudkan lingkungan yang sehat pada terminal Giwangan sebagai sarana dan bangunan umum. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan berbagai upaya pengendalian faktor resiko penyebab timbulnya penyakit, yaitu salah satunya dengan melakukan inspeksi pada terminal khususnya sanitasi toilet. Dari hasil pengalaman sebelumnya menggunakan toilet di terminal bus yang kondisinya kurang bersih dan bau sehingga peneliti ingin mengetahui lebih detail kondisi fasilitas toilet di Terminal Giwangan Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi fasilitas sanitasi toilet dengan kepuasan pemakai toilet di terminal Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini adalah survey dan observasi dengan pendekatan kualitatif dengan deskripsi atau pengumpulan data mengenai kondisi fasilitas sanitasi toilet. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang menggunakan toilet di Terminal Giwangan Yogyakarta 09.00-16.00 WIB. Sampel yang ada dalam penelitian ini adalah pengguna toilet yang ada di Terminal Giwangan Yogyakarta, dan mau dilibatkan untuk menjadi responden. Sampel diambil dengan metoda (insidental sampling) teknik pengumpulan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keadaan kondisi fasilitas sanitasi toilet di Terminal Giwangan Yogakarta yang laik sehat berjumlah sembilan toilet (75%) dan tingkat kepuasan pemakai toilet di Terminal Giwangan Yogyakarta yang berkategorikan puas 60 orang (62,5%). Saran bagi pengelola UPT Terminal Giwangan melakukan penyuluhan tentang baku mutu kondisi sanitasi toilet kepada pihak ketiga, agar sanitasi tempat umum khususnya di terminal menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bagi penjaga toilet Untuk toilet yang sudah laik sehat supaya menjaga sanitasinya agar tetap laik sehat. Kata Kunci : Kondisi Fasilitas Sanitasi Toilet, Kepuasan Pemakai Toilet