PENERAPAN PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN DISERTAI
DEMONSTRASI TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN
KETERAMPILANCUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SD NEGERI
PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA
PENERAPAN PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN DISERTAI
DEMONSTRASI TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN
KETERAMPILANCUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SD NEGERI
PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA
2015
en
Thesis
text
Penanaman nilai-nilai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS) disekolah
merupakan kebutuhan mutlak karena munculnya berbagai penyakit yang sering
menyerang anak usia sekolah (usia 6-10), ternyata umumnya berkaitan dengan
PHBS. Dari hasil uji pendahuluan dengan cara pemberian kuesioner dengan 30
responden dari kelas 4 a, b, c, dan d didapatkan hasil 70% siswa tidak
mengetahui 12 langkah cuci tangan dengan baik serta 60% siswa tidak
mengetahui penyakit-penyakit apa saja yang dapat dicegah dengan cuci tangan.
Dengan dilaukannya penyuluhan dengan metode demonstrasi sehingga siswa
dapat melihat, mengamati mendengar, mungkin merasakan proses yang
dipertunjukkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penyuluhan
dengan metode ceramah disertai demonstrasi terhadap perubahan pengetahuan,
sikap dan keterampilan mencuci tangan pakai sabun siswa SDN Pujokusuman 1
Yogyakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat eksperimen semu (quasi
eksperimen), dengan pendekatan Pre-Posttest With Control Group Design.
Kelompok ceramah diberi penyuluhan dengan metode ceramah saja. Kelompok
ceramah disertai demonstrasi diberikan penyuluhan dengan metode ceramah
disertai demonstrasi.
Hasil analisa statistika menggunakan uji t-testbebas untuk sikap
didaptkan hasilp-value 0,000<0,05 dan mann-whitney untuk pengetahuan
didaptkan hasilp-value 0,000<0,05 serta untuk keterampian didaptkan hasil pvalue 0,000<0,05 yang menunjukan ada perbedaan peningkatan pengetahuan,
sikap, dan praktik yang signifikan antara kelompok ceramah dan kelompok
ceramah disertai demonstrasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penyuluhan kesehatan dengan
metode ceramah disertai demonstrasi dapat merubah pengetahuan, sikap, dan
pketerampilan mencuci tangan pakai sabun siswa SD lebih signifikan
dibandingan dengan ceramah saja.
Kata kunci : penyuluhan, metode demonstrasi, cuci tangan pakai sabun