PENERAPAN PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN DISERTAI DEMONSTRASI TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILANCUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SD NEGERI PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA

PENERAPAN PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN DISERTAI DEMONSTRASI TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILANCUCI TANGAN PAKAI SABUN SISWA SD NEGERI PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA
2015
en
Thesis
text
Penanaman nilai-nilai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat(PHBS) disekolah merupakan kebutuhan mutlak karena munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah (usia 6-10), ternyata umumnya berkaitan dengan PHBS. Dari hasil uji pendahuluan dengan cara pemberian kuesioner dengan 30 responden dari kelas 4 a, b, c, dan d didapatkan hasil 70% siswa tidak mengetahui 12 langkah cuci tangan dengan baik serta 60% siswa tidak mengetahui penyakit-penyakit apa saja yang dapat dicegah dengan cuci tangan. Dengan dilaukannya penyuluhan dengan metode demonstrasi sehingga siswa dapat melihat, mengamati mendengar, mungkin merasakan proses yang dipertunjukkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penyuluhan dengan metode ceramah disertai demonstrasi terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan keterampilan mencuci tangan pakai sabun siswa SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan pendekatan Pre-Posttest With Control Group Design. Kelompok ceramah diberi penyuluhan dengan metode ceramah saja. Kelompok ceramah disertai demonstrasi diberikan penyuluhan dengan metode ceramah disertai demonstrasi. Hasil analisa statistika menggunakan uji t-testbebas untuk sikap didaptkan hasilp-value 0,000<0,05 dan mann-whitney untuk pengetahuan didaptkan hasilp-value 0,000<0,05 serta untuk keterampian didaptkan hasil pvalue 0,000<0,05 yang menunjukan ada perbedaan peningkatan pengetahuan, sikap, dan praktik yang signifikan antara kelompok ceramah dan kelompok ceramah disertai demonstrasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penyuluhan kesehatan dengan metode ceramah disertai demonstrasi dapat merubah pengetahuan, sikap, dan pketerampilan mencuci tangan pakai sabun siswa SD lebih signifikan dibandingan dengan ceramah saja. Kata kunci : penyuluhan, metode demonstrasi, cuci tangan pakai sabun